Chassis Bus Favorit Pilihan Perusahaan Otobus

Ragam Pilihan Merek Chassis Big Bus Favorit di Kalangan Pengusaha Otobus Indonesia


Chassis Bus Hino Suspensi Udara
Chassis bus yang telah dilengkapi dengan fitur Suspensi Udara sedang diminati saat ini


     Moda transportasi darat khsusunya Bus Malam AKAP yang sempat meredup beberapa waktu silam disiasati dengan melakukan efisiensi di berbagai aspek untuk sekedar bisa bertahan dari kerasnya persaingan dengan moda Kereta Api dan Pesawat Terbang Budget Airlines yang sedang berpacu waktu menggaet pelanggan baru dengan memberi nilai tambah pada layanannya. Seakan tidak mau berlarut-larut dalam keterpurukan, rupanya masih ada secercah harapan untuk bisa bangkit di tengah ketidakpastian iklim bisnis yang belum sepenuhnya kondusif. Percepatan pembangunan infrastruktur jalan toll lintas Jawa membawa angin segar bagi para pengusaha otobus untuk bisa memberikan nilai tambah sebagai daya tarik dalam merangkul kembali pelanggan lamanya yang sempat beralih ke moda transportasi udara berbiaya rendah (budget airlines). Sehingga tidaklah mengherankan di zaman yang semakin kompetitif ini, value sebuah perusahaan otobus semakin terbentuk dari pemilihan merek & tipe armada yang dipilih sesuai dengan karakteristik target pasar & reputasi yang ingin dibangun di mata pelanggannya. Pada akhirnya persaingan antar merek pabrikan chassis bus lebih condong ke arah menghadirkan beragam tipe chassis baru yang mampu meraih produktivitas maksimal serta efisiensi terbaik di kelasnya baik improvement dari sisi produk maupun layanan purna jualnya. Berikut ini akan dijabarkan lebih rinci terkait loyalitas perusahaan otobus yang telah terbangun dengan beberapa merek pabrikan chassis bus yang turut meramaikan industri transportasi darat tanah air:


Duo pabrikan chassis bus yang saling bersaing ketat di pasar yang sama



HINO



    Sebagai merek asal Jepang yang sedari awal fokus di segmen kendaraan komersial ini  telah berkiprah di Indonesia lebih dari dua dekade silam lamanya. Kala itu merek chassis bus Hino masih dipandang sebelah mata sebagai "second brand" pengisi celah pangsa pasar dibawah kasta brand² besar pabrikan Eropa yang lebih diperhitungkan nilai prestise yang disandangnya. Seiring berjalannya waktu, untuk memperluas & memperkuat area distribusi produk Hino di kota-kota besar yang dilakukan oleh PT. Indomobil, Tbk dengan menggandeng Perusahaan Otobus (P.O) sebagai mitra kerja Dealer Resmi Truk Hino. Sehingga tidaklah mengherankan jika beberapa PO seperti; Mayasari Bhakti, Hiba Utama, Arimbi, dan Sinar Jaya nyaris seluruh armada busnya didominasi oleh merek Hino dari berbagai tipe yang dipasarkan. Alasan paling mendasar melalui kemitraan strategis merangkap sebagai Dealer Truk Hino justru semakin mempermudah PO dalam hal ketersediaan pasokan spare part bus dalam jumlah banyak guna kelancaran operasional dan pemeliharaan armada bus mereka, terlebih lagi part bus Hino memiliki banyak kesamaan dengan part truk Hino. Hal lain yang menjadi daya tarik khusus dari pihak P.O yaitu semakin berkembangnya demand Bus Pariwisata & trayek bus jarak menengah (AKDP) yang dirasa sangat cocok dengan karakter bus Hino. Dari segi kenyamanan pun pihak pabrikan Hino mengklaim teknologinya saat ini pun berani disejajarkan dengan pabrikan bus Eropa yang terkenal ahli meracik suspensi bus dengan tingkat kenyamanan terbaik di kelasnya.



Dealer Truk Hino

Peresmian Dealer Truk Hino milik Hibaindo Armada Motor di lokasi baru Cakung- Jakarta Timur
  • HIBA UTAMA Group:
- Laju Prima,
- Asli Prima,
- Murni Jaya,
- Setia Negara,
- Hiba Putra,
- Laju Utama,
- Bayu Megah
- Berdikari,
- Bismi Jaya,
- Putri Jaya,
- Kurnia Jaya 
Bus Pariwisata Hiba Utama Legacy SR-1
Armada bus Pariwisata Hiba Utama masih tetap setia dengan chassis Hino sepanjang masa
  • SINAR JAYA Group:
- DMI
Bus AKAP Sinar Jaya Executive R260
Bus AKAP Sinar Jaya Executive mayoritas didominasi chassis Hino RK8 R260
  • ARIMBI JAYA AGUNG: 
- Arimbi,
- Bima Suci,
- AJA
bus AKDP Arimbi lawas Hino RG
Armada bus AKDP Arimbi lawas yang masih mengandalkan chassis Hino RG
  • MAYASARI BHAKTI Group 
- Mayasari Bhakti,
- Primajasa,
- Primajasa City Miles,
- Red White Star,
- MGI,
- Maya Raya,
- Doa Ibu
Bus Kota Reguler Mayasari Bhakti Hino RG
Bus Kota Reguler Mayasari Bhakti lawas yang masih mengandalkan chassis Hino RG (mesin belakang)


MERCEDES BENZ



     Produk chassis Bus Mercedes Benz tipe tertentu (OH 1526, & 1626) yang dipasarkan saat ini bisa dibilang tergolong kompetitif bersaing ketat dari sisi harga dengan pesaingnya- chassis Bus Hino tipe R260 & RN285, walaupun diatas kertas dari segi performa dan keunggulan kompetitif lain yang ditawarkan pabrikan MB masih lebih unggul dibanding Hino. Mungkin bisa jadi hal inilah yang melatarbelakangi beberapa pengusaha otobus senior masih belum bisa berpaling ke lain hati* (*merek lain) hingga saat ini. Brand Eropa dengan cita rasa lokal ini telah diterima dengan sangat baik & menancap kuat di benak pelanggan loyalnya berupa simbol status yang mencerminkan citra atau reputasi sebuah perusahaan otobus yang bonafide. Bahkan PT. MBI yang merupakan perwakilan pabrikan MB di Indonesia mengapresiasi para pengusaha otobus yang armadanya telah menempuh 1 juta kilometer terhitung dari tahun produksi 2005 hingga saat ini. Sebagai merek tertua yang telah berkiprah di dunia transportasi Indonesia sejak era 1970-an tentunya tak terhitung berapa banyak P.O yang memiliki pengalaman berkesan bersama Bus Mercedes Benz. Berikut ini adalah daftar loyalis sejati pengguna chassis bus Mercedes Benz yang pernah meramaikan jalanan ibukota hingga ke pelosok daerah dan masih berada di tengah² kita: 

  • LORENA - KARINA
Bus AKAP Executive Lorena
Seluruh armada Lorena, Karina, hingga bus kargo ESL Express tetap mengandalkan chassis Mercy sejak dahulu kala
  • ALS
Bus AKAP ALS Medan Malang


Armada bus AKAP ALS lintas pulau Sumatera-Jawa masih mengandalkan chassis Mercy lawas

  • RAYA
Bus AKAP Raya Super Top
Bodi baru Legacy SR-1 berpadu diatas Chassis Mercy lawas pada armada Bus AKAP RAYA kelas Super Top

AC Bus AKAP Raya Executive
Armada lawas bus AKAP RAYA yang telah di-rebody selalu identik dengan AC Thermo King lawas
  • BIG BIRD
bus pariwisata Big Bird Premium Bus
Seluruh armada bus pariwisata Big Bird & Premium Bus masih mengandalkan chassis bus Mercy keluaran terbaru dari sejak dahulu kala
  • WHITE HORSE
Bus Pariwisata White Horse
Bus Pariwisata White Horse yang masih mengandalkan chassis Mercy keluaran lawas pada sebagian besar armadanya
  • ANDHORA LINE
Bus AKAP Andhora Line Jakarta - Ponorogo
Pemain baru Bus AKAP rute Jkt-Ponorogo yang seluruh armadanya menggunakan chassis Mercy OH1626



ISUZU



    Tidak banyak ulasan mengenai tipe chassis Isuzu yang digunakan oleh PO. Gunung Mulia asal Wonogiri ini. Banyak yang meyakini chassis yang digunakan tipe lama & selama ini hanya melakukan penyegaran melalui rebody saja agar tetap tampil modern kekinian. Di media sosial sendiri banyak beredar foto-foto penampakan chassis model terbaru keluaran Isuzu yang tengah menjalani sesi test drive sebelum resmi diperkenalkan ke pasar. 

  • GUNUNG MULIA

Bus AKAP lawas Gunung Mulia
Armada lama Bus AKAP Gunung Mulia rutin melakukan rebody & tetap masih mengandalkan chassis Isuzu lawas 

Chassis Bus Isuzu LT134 Gunung Mulia
Armada baru Bus AKAP Gunung Mulia menggunakan chassis un-familiar Isuzu LT134


SCANIA



    Merek papan atas pabrikan asal Swedia yang sedang naik daun ini semakin dikenal masyarakat luas sejak kehadirannya sebagai armada baru Transjakarta di kategori "bus gandeng" yang beroperasi hampir di seluruh koridor busway ibukota belum lama ini. Harus diakui keberadaan merek Scania selama ini kurang familiar di dunia transportasi Bus AKAP & Pariwisata karena PT.United Tractors, Tbk sendiri selaku ATPM Scania di Indonesia selama ini lebih fokus menggarap segmen pasar Heavy Duty Truck di sektor pertambangan.


Bus AKAP Harapan Jaya Scania K380iB
Bus AKAP Harapan Jaya Scania K380iB Scorpion King trensetter chassis bus Scania kala itu


    Tercatat PO. Harapan Jaya yang bermarkas di Tulungagung yang pertama kali mempelopori penggunaan chassis bus Scania, disusul PO. Nusantara, dan diikuti oleh PO lainnya. Walaupun jauh hari sebelum menjadi pengguna chassis bus Scania, PO. Harapan Jaya yang bermarkas di Tulunggagung ini hampir seluruh armada Bus AKAP didominasi oleh chassis bus Mercedes Benz yang lebih dahulu populer. 

  • PRIMADONA
Bus AKAP Primadona Makassar
Bus AKAP asal Makassar loyalis Scania
  • REJEKI TRANSPORT

Bus pariwisata Rejeki Transport Scania K310iB
Armada big bus pariwisata Rejeki Transport saat ini yang berjumlah 2 unit menggunakan chassis & mesin Scania K310iB


MIX BRAND (Hino, MB, Scania, Volvo, Kinglong, Golden Dragon)

  • SAN
Bus AKAP SAN Volvo B7R
Armada Bus AKAP SAN menggunakan chassis & mesin Volvo B7R
  • OBL
Bus Medium OBL Pariwisata Kinglong


Armada OBL Pariwisata menggunakan bus medium Kinglong (CBU from China)

  • KRAMAT DJATI
Kramat Djati Pariwisata Neoplan
Salah satu armada bus Kramat Djati Pariwisata menggunakan chassis Neoplan yang tergolong langka populasinya
  • ROSALIA INDAH
Bus AKAP Rosalia Indah Scania K360iB

Armada Baru Bus AKAP Rosalia Indah kelas Super Top & Executive Plus dilayani oleh chassis Scania K360iB


  • BEJEU

Bus AKAP Bejeu Black Scania K360iB
Koleksi baru Bejeu Black Scania K360iB selain chassis MB, Hino, dan Golden Dragon
  • NUSANTARA
Bus AKAP Nusantara Super Executive Scania Irizar
Bus AKAP Nusantara Super Executive berbaju Scania Irizar yang sangat fenomenal kala itu
  • GUNUNG HARTA
Bus AKAP Executive Gunung Harta Hino RN285
Salah satu armada baru Hino RN285 bus AKAP Gunung Harta selain chassis Mercy dan Hino
  • MANHATTAN
Bus Pariwisata Manhattan Golden Dragon
Chassis Bus Golden Dragon pada armada Manhattan Pariwisata
  • MARISSA HOLIDAY

Marissa Holiday RS Skyliner berchassis & mesin Mercy OH1626

Chassis Premium MB OC2542 RF 3-Axle Marissa Holiday Nusantara Gemilang Citiliner


Inovasi Anti Main-Stream 2017


Bus Transjakarta Scania K310iB 6x2 Single Deck 3-Axle terbaru
     Bus Transjakarta Scania K310iB 6x2 Single Deck 3-Axle terbaru yang dioperasikan oleh Mayasari Bhakti bekerjasama dengan PT. TJ saat dipamerkan di gelaran GIASS2016 silam


**Ps: BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT Yah :D 
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Comments

Unknown said…
Maju terus dunia perbisan Indonesia