RAGAM LIVERY UNIK BENTUK KARYA SENI di BODY BUS MALAM & PARIWISATA
Bee Buzz merupakan pemain baru di bisnis bus wisata asal Jakarta yang bermarkas di Jalan Gaya Motor- Sunter, Jakut. Sejak pertama kali mengaspal di jalan raya banyak menarik perhatian banyak orang. Sekilas pandang saat papasan menuju kantor terlihat seperti tokoh kartun karakter Pokemon asal Jepang yang tergambar di body bus ini. Untungnya di saat mata memandang dalam sekejap berhasil melihat alamat website bus wisata ini. Ku telusuri website resminya dan Jreeng...ternyata karakter lebah madu yang yang menjadi icon branding Bee Buzz. Pemilihan warna-warna kontras berpadu dengan warna hitam menjadikannya sangat unik. Siapapun penumpang bus ini dijamin bakal tergugah hasrat travelling yang dinamis, sesuai tag line nya; Be Fun, Be Friendly.
Bus Pariwisata Bee Buzz
Bee Buzz Adiputro Jetbus
Bintang Timur Pariwisata (PO asli Papua)
Bus Malam Pariwisata Restu (Panda)
Sering lihat bus ini wara-wiri sebagai moda angkutan karyawan pabrik di bebeberapa kawasan Industri ternama di Jabotabek. Tak disangka saat dinas kantor ke Malang bulan May lalu menemukan bus ini dalam format bus pariwisata. Terobosan perusahaan otobus asal Jawa Timur ini tergolong unik dalam memposisikan dirinya di segmen bus pariwisata. Tak ingin Restu dipersepsikan terus sebagai angkutan karyawan pabrik dan bus malam AKDP, maka seluruh bodi samping ditempel cutting sticker bergambar Panda di habitatnya. Jika beberapa perusahaan otobus menggunakan icon Kuda, Gajah yang notabene sebagai hewan "umum" di bumi pertiwi maka pemilihan Panda yang habitat aslinya di negeri Tirai Bambu pun ingin menunjukkan daya tarik tersendiri bagi pelanggan setianya.
Putra Remaja Pariwisata
Mengenang Nostalgia Livery Kupu-Kupu Pahala Kencana Pariwisata
2. Livery Elegance Simplicity
PO. Safari Dharma Raya (d/h OBL) line AKAP Executive Class
Symphonie Pariwisata
Bus Wisata yang masih 1 group dengan PO. Nusantara ini lebih menonjolkan kesan kesederhanaan dalam balutan kemewahan. Menggunakan nama tokoh musisi dunia diharapkan mampu mengangkat citra bus wisata dengan standar tinggi dalam sebuah pelayanan. Pemilihan nama Die 9 Symphonie serasa ingin memberikan kesan atmosfer yang berbeda saat kesan pertamanya. Strategi branding yang cukup baik di mata gw untuk membangun sebuah first impression di bisnis bus pariwisata. Ga tau karena kebetulan atau hal lain, gw paling sering ngeliat bus ini berkeliaran di daerah Lembang- Bandung saat low season maupun high season mengantarkan para turis berwisata ke daerah Bandung dan sekitarnya.
Saking sering papasan dengan bus ini di daerah Lembang- Bandung, suatu ketika gw papasan di daerah Maribaya dan sesuatu di luar dugaan terjadi pada bus ini. Disaat gw mo pulang dari Maribaya ke Lembang dan bus ini ingin mendaki menuju Maribaya, tiba-tiba Pak Sopir tidak bisa ngoper ke gigi satu, mungkin syncromes gearbox persnelingnya bermasalah. Kontan aja jalan sekelilingnya menjadi macet total sedangkan iring-iringan bus Symphonie lain yang didepannya berhasil mendaki tanpa kendala berarti. Gw lihat raut wajah serius pak Sopir yang sedang berusaha keras memindahkan persneling ke gigi 1 berulang-ulang akhirnya berhasil juga masuk gigi 1 dan bus-pun perlahan bisa mendaki jalan menanjak menuju obyek wisata Maribaya.
Livery Trans Zentrum Pariwisata berwarna Pink yang sangat "girly"
Livery Baru Trans Zentrum dengan baju baru Adiputro Setra Jetbus2+
Ada yang tau makna Tanda Panah di body Trans Zentrum? Istilah pepatah lama itu Moving Forward/ bergerak maju mungkin nyaris menggambarkan suatu pesan yang ingin disampaikan. Pemilihan warna bodi yang kontras; kuning, merah muda, biru, hijau, coklat muda membuat rasa penasaran seperti apakah hospitality pelayanan bus wisata ini.
Livery Andhora Line sebagai pemain baru di rute AKAP Jakarta - Ponorogo
3. Livey Dinamis
Livery Nusantara line AKAP yang elegance dynamic
Livery Efisiensi PATAS yang sangat dinamis
Livery Efisiensi PATAS yang sangat dinamis
Interior "Ngejreng" Efisiensi Royal Class Hino RN285
Livery Dinamis Rosalia Indah Firefox
4. Livery Ngejreng
Livery rasa Nano-Nano PAHALA KENCANA AKAP Super Executive Class
Armada terbaru Subur Jaya Pariwisata
5. Livery Long Life Time
Bus Malam AKAP Harapan Jaya
Desiana Pariwisata
Bus Arimbi Jaya Agung (AJA)
Sejak jaman gw masih kecil segede upil hingga segede ini, PO. Raya tetap masih eksis dan tentunya tetap setia dengan trade mark livery di masa kejayaannya. Jika ditelisik di forum busmania, nyaris tidak ada berubah dari segi fitur, keunggulan, dan benefit yang ditawarkan oleh PO.RAYA kepada pelanggan setianya dari dahulu kala hingga masa kini. Tak lekang dimakan zaman, sangat tepat diapresiasi pada konsistensi PO ini dalam menjaga loyalitas pelanggan setianya dari masa ke masa.
6. Livery Spirit Gejolak Jiwa Muda
PO. Haryanto line AKAP Fabulous Class
PO. Haryanto line AKAP Premiere Class
PO yang satu ingin sedang naik daun dan selalu menjadi trending topic di forum bismania. Kali ini kita tidak membahas karakter ngeblong bus malam milik pak Haji, tetapi lebih ke unsur filosofi yang terkandung di dalam setiap goresan garis di sekujur bodi bus ini. Setiap bertemu/ papasan di jalan sepertinya selalu menemukan "livery baru" atas armada Haryanto yang sedang militan di jalan.
Kesan pertama yang muncul dari garis desain yang berani ini menyiratkan bahwa si pemiliknya berjiwa dinamis dan berani tampil beda dari para pesaing-pesaingnya. Yang gw suka dari bus ini bukan semata-mata dari liverynya yang "sporty looked" tetapi lebih ke bagian kaca buritan yang bertuliskan "Premiere Class". Seakan ingin mendobrak dari pakem bus malam selama puluhan tahun yang hanya memberikan embel-embel: Super Executive Class, Executive Class, Patas VIP, ataupun Patas Ekonomi. Seperti sebuah Teaser/ iklan terselubung di tv yang ingin menggugah rasa penasaran pelanggan setianya maupun untuk memikat calon pelanggan barunya.
Walaupun hingga tulisan ini dibuat gw belum pernah merasakan sama sekali sensasi ngeblong atupun sensasi ride service quality dari PO ini tetapi sekali lagi ide-ide sederhana yang "outside the box" ini patut mendapat apresiasi dari para busmania lovers. Belum puas rasa penasaran terjawab atas makna Premiere Class, lagi-lagi mata ini dibuat takjub atas terobosan baru dalam hal feature yaitu Fabulous Class yang semakin menambah rasa penasaran atas ide pak Haji. Gw berharap setelah menunaikan postingan di blog ini memiliki kesempatan pergi ke Semarang Kota Atlas untuk mencicipi sensasi product quality dari armada yang diterjunkan dan juga service quality dari para crew di atas cabin.
Bejeu Black Gold Series yang juga memiliki passion gejolak jiwa muda
Scania K360 Adiputro Sempati Star
Livery sederhana khas bus di Jepang dalam wujud diecast Tomica
Scania K360 Adiputro Sempati Star
Livery sederhana khas bus di Jepang dalam wujud diecast Tomica
BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:
ARTIKEL MENARIK LAINNYA: