Nostalgia Karoseri Bus Lawas di Indonesia

Mengenang Sejarah Tren Desain Karoseri Bus Indonesia Dari Masa Ke Masa



Bus Single Deck Setra Top Class 500
 Desain "selendang" Bus Single Deck Setra Top Class 500 banyak diadopsi oleh karoseri bus dalam negeri

Bus Double Decker Setra Top Class 500
Kemiripan desain bus Setra Double Decker di Jerman dengan desain Adiputro Jetbus2+ SDD

    Layaknya desain pabrikan mobil yang juga melihat perkembangan tren kemajuan zaman, industri karoseri lokal khususnya yang memproduksi bodi bus juga merasa wajib hukumnya mengikuti tren desain yang sedang digandrungi oleh pasar. Dalam proses perjalanannya, tren desain yang dipopulerkan oleh sang pioneer atau pencipta trendsetter tidak selalu originalitas 100% pastilah ada sedikit lekukan atau garis-garis yang diadopsi dari desain pabrikan lain. Dalam hal ini desain industri karoseri lokal banyak berkiblat ke negeri Eropa dengan melakukan "improvisasi" di beberapa bagiannya agar hasil akhir tampilan eksterior lebih mudah diterima oleh selera pasar para pelanggan di dalam negeri. 


Era 1960-an:

Tampak Depan Bus Antik langka Mitsubishi Fuso th 1960 setelah direstorasi

Tampak Belakang Bus Antik Langka Mitsubishi Fuso th 1960 setelah menjalani restorasi

Bus Reguler PPD era-1960 kini telah pensiun & berubah wujud menjadi bus bantuan teknik merangkap bus derek (storing)

Era 1970-an:


Bus AKAP Perdana Lorena 1972 trayek Jakarta-Bogor

Bus AKAP Lorena 1972 karoseri Rahayu Santosa

Bus Pariwisata PPD tahun 1970-an kini berada di Museum Transportasi TMII

Bus lawas LORENA AKAP di era-1970 akhir telah dilengkapi AC Powerpack (AC Gantung) yang sangat mewah di jamannya

Era 1980-an:

Morodadi Prima Bali Indah


Bus AKAP Sumber Kencono karoseri Morodadi Prima


Bus AKAP OBL MB OH306 Prima rute Jakarta - Denpasar th 1991 Karoseri GMM "Banteng" yang sangat populer kala itu

Bus Antik MB OH306 Prima GMM th 1991 yang masih terawat sangat baik setelah 25 tahun berlalu

Era 1990-an:


Bus AKAP Executive OBL th 1992 karoseri Morodadi Prima Setra


Setra Morodadi Prima PO. Fajar Indah

Model lain desain bus karoseri Mordadi Prima era 1990-an kala itu


Bus AKAP Muji Jaya Karoseri Morodadi Prima model Patriot


Karoseri Bus Lawas di Indonesia
Bus Pariwisata lawas Bersama Rahayu Santosa Jetliner yang fenomenal di era 1990-an


Karoseri Bus Lawas di Indonesia
Bus Pariwisata lawas Mitsubishi BM karoseri Trijaya Union

Bus lawas AKAP PMTOH model TriunX-2000 buatan Karoseri Trijaya Union di era 1996 silam




Karoseri Bus Lawas di Indonesia
Bus lawas AKAP Pahala Kencana Rahayu Santosa Concerto di era-1990 akhir

Era 2000-an:


Bus lawas AKDP Indah Murni Kalideres-Bogor Rahayu Santosa Concerto Millenium di awal th 2000



Karoseri Restu Ibu Skania Damri awal tahun 2000

Karoseri Restu Ibu Galaxy Coach tahun 2004
Karoseri Bus Lawas di Indonesia
Bus lawas AKAP Pahala Kencana Laksana Proteus di era 2004

Bus lawas AKAP OBL Rahayu Santosa Celcius di era 2004

Bus pariwisata lawas Adiputro Setra Series awal th 2000

Bus pariwisata lawas Adiputro New Travego "Smiley" di era th 2003

Tampak Belakang Bus pariwisata lawas Desiana karoseri Adiputro New Travego "Smiley" di era th 2003



Bus pariwisata lawas Symphonie berbodi karoseri Adiputro Travego New Marcopolo di era th 2004 sudah mengadopsi Tail Light LED

Tampak Belakang Bus AKAP Surya Bali berbaju Adiputro Travego New Marcopolo sudah mengadopsi Stop Lamp LED

Trans Zentrum Pariwisata berbodi Laksana Legacy tahun 2010

Bus AKAP Sinarjaya berbodi Laksana Legacy SR-1 (Facelift) di tahun 2014

Era 2010 keatas:



Karoseri Tiga


Karoseri New Armada SUPERBUS


Karoseri New Armada Evo Next


Karoseri Adiputro Jetbus 2010



Karoseri Adiputro Jetbus 2010

Karoseri Morodadi Royal Travego (model Jetbus)

Karoseri Morodadi Travego

Karoseri Jetbus2+ Setra HD

Karoseri Tentrem Maxx

Karoseri Jetbus2+ SHD

Karoseri Rahayu Santosa Jetliner

Karoseri Rahayu Santosa Skyliner

Karoseri Rahayu Santosa Skyliner

Karoseri Rahayu Santosa Euroliner

Karoseri Tentrem Scorpion X Harapan Jaya

Karoseri Tentrem Scorpion X Bejeu

Karoseri Morodadi Prima GT2

Karoseri Nusantara Gemilang Citiliner



Karoseri Nusantara Gemilang Citiliner



Karoseri Nusantara Gemilang Maxi Miracle Double Decker

Karoseri Nusantara Gemilang Maxi Miracle Double Decker

Ciri khas Desain Karoseri Bus Lawas


1. Head Lamp


Bus Mercy OF113 Bali Indah Karoseri Morodadi Prima era 1980-an awal lazim menggunakan lampu depan sedan Mercy Tiger W123

Wujud asli Head Lamp atau Lampu Depan Mercy Tiger W123 tahun 1980-an


Lampu Depan Mercy Boxer W124 juga lazim digunakan oleh industri karoseri bus di era 1990-an 

Lampu depan sedan Mercy Boxer W124 banyak digunakan pada bus kota PPD MB OH408 Volgren era 1990-an baik yang diimpor utuh dari Australia maupun buatan lokal karoseri Starion- Cirebon

Bus Kota PPD bermesin Mercy OH408 Volgren ini setelah direbody masih mempertahankan Head Lamp Mercy Boxer W124

 Lampu depan bus AKDP Arimbi bermesin Hino AK215 ini juga mengadopsi lampu depan Truk Hino Ranger era 1990-an


 Lampu depan Karoseri Mikrobus Isuzu Elf juga mengadopsi Head Lamp Truk Isuzu Elf


Lampu depan Karoseri Mikrobus Fuso Canter juga mengadopsi lampu Truk Fuso Canter


2. Stop Lamp


 Lampu belakang Bus Kota PPD bermesin MB OF113 era 1980 awal ini mengadopsi lampu belakang kepunyaan MB Mini W114

Lampu belakang sedan Mercy Mini W114 tahun 1970-an juga lazim digunakan pada bodi bus kota PPD bermesin Mercy OF113 keluaran tahun 1970 akhir

Lampu belakang sedan Mercy Boxer W124 juga lazim digunakan pada sebagai lampu belakang pada bodi bus buatan Karoseri Rahayu Santosa Jetliner era 1990-an

Ciri khas Desain Karoseri Bus Modern

     Jika di masa lampau industri karoseri lokal banyak menggunakan komponen pemanis dari produk pabrikan mobil, lain halnya dengan kondisi di era globalisasi saat ini yang lebih banyak didominasi oleh komponen impor dari luar negeri yang sedari awal memang diperuntukkan untuk customized commercial Vehicle. Berikut ini penulis jabarkan apa saja komponen impor aksesoris pemanis custom sekaligus komponen aksesoris pemanis yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri yang menjadi menu wajib diaplikasi pada bodi bus terbaru garapan tangan² kreatif industri karoseri lokal:


Komponen Impor:


1. Head Lamp with LED DRL  


 LED DRL Headlights milik BMW 525i E60 lansiran 2005 sebagai cikal bakal tren lampu LED "kekinian" yang banyak diaplikasi oleh mayoritas karoseri bodi bus dalam negeri

Lampu Depan sebening kristal + LED DRL pada salah satu produk bodi big bus garapan karoseri Adiputro - Malang

Aplikasi LED DRL pada lampu depan New Jetbus2+ ini sayangnya masih mengandalkan bohlam halogen (bukan HID) sebagai sumber penerangan lampu jauh & senja

Aplikasi LED DRL Lampu Depan "kekinian" pada bodi bus Legacy SR-1 garapan karoseri Laksana - Ungaran

Tren Lampu Depan + LED DRL "kekinian" juga diaplikasi pada bodi bus Legacy SR-2 Infinite garapan karoseri Laksana - Ungaran

2. LED Stop Lamp


 LED Stop Lamp milik BMW 525i E60 lansiran 2005 sebagai cikal bakal tren Stop Lamp LED "kekinian" yang banyak diaplikasi oleh mayoritas karoseri bodi bus dalam negeri

Full LED STOP LAMP BMW E60 525i dalam posisi Glow In The Dark

Aplikasi Full LED Stop Lamp bodi bus karoseri Laksana Legacy SR-2 Infinite

Aplikasi Full LED Stop Lamp bodi bus Jetbus2+ Setra karoseri Adiputro

Aplikasi LED Stop Lamp bodi bus Skyliner karoseri Rahayu Santosa

3. LED Corner Lights



Aplikasi lampu LED Corner pada pintu bagasi bus

4. Audio Video & Sound System








5. Cover Velg Alluminum



Aplikasi Alluminium Wheel Cover pada roda bus

6. Air Horn atau Klakson Telolet Bus


Aplikasi Klakson Telolet Bus

7. Air Suspension


Aplikasi Suspensi Udara pada chassis bus untuk meningkatkan kenyamanan

8. Air Conditioner (AC)



AC Big Bus Denso LD8i

8. Automatic Sliding Door Pneumatic



Aplikasi Automatic Pneumatic Sliding Door bodi bus Old Legacy karoseri Laksana - Ungaran

Komponen Industri Lokal:


1. Dashboard & Wood Panel Ornament


Aplikasi ornamen Wood Panel pada Dashboard & Setir bus

Aplikasi Vinly Floor motif parquet pada lantai bus

2. Cover Bagasi interior



Aplikasi Gas Spring pada kompartemen bagasi interior bus

3. Reclining Seat



Reclining Seat 2-2 with Leg Rest

Reclining Seat 2-1 with Leg Rest

Reclining Seat 2-2 with Audio Video On Demand (AVOD) di deck atas Bus Tingkat AKAP Putera Mulya (PUMA'S)

Reclining Seat 2-1 with Solitare Audio Video On Demand (AVOD) & USB Power Plug di deck bawah Bus Tingkat AKAP Putera Mulya (PUMA'S)


**Ps: BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT Yah :D 
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Comments

NKRI said…
Bagus & informatif sekali.