CARA INSTAN VERMAK WAJAH LAMA BUS BERBODI LAWAS MENJADI MODEL TERBARU
Sebagai pengusaha transportasi darat bus AKAP maupun Bus Pariwisata tentu sebuah kebanggaan tersendiri jika memiliki jajaran armada bus model terbaru. Selain mengangkat citra & reputasi penyedia jasa angkutan bus tentu juga berimbas pada meningkatnya nilai tambah suatu layanan yang dikelola secara proffesional di mata calon pengguna jasa memilih bus AKAP maupun Bus Wisata sesuai kebutuhannya.
Tampang Body Adiputro Jetbus2+ Setra sedang digandrungi saat ini untuk sekedar vermak wajah agar terlihat lebih awet muda
Tampak Belakang Adiputro Jetbus2+ Setra juga bertabur lampu LED "kekinian" yang mampu meningkatkan aura "prestise" di kegelapan malam
Aksen krom memanjang di bodi belakang Rahayu Santosa Skyliner juga menyiratkan aura kemewahan tersendiri
Muka depan Laksana Legacy Sky SR-1 Limited juga tidak kalah sporty dibanding Adiputro Jetbus2+ Setra tetapi sayangnya tidak banyak yang tertarik untuk rebody minor facelift
Lalu apa jadinya jika pemilik atau pengelola jasa transportasi bus "belum" memiliki anggaran yang cukup untuk membeli chassis dan membangun bodi bus yang 100% gress??? Selalu ada solusi di setiap permasalahan, beruntunglah kita tinggal di negeri Indonesia yang mana pekerjaan perakitan bodi bus baru, modifikasi sebagian bodi bus, maupun perbaikan bodi pasca tabrakan masih "mampu" ditangani oleh industri karoseri lokal yang tersebar di berbagai penjuru negeri ini. Tentu di setiap industri karoseri berskala kecil, menengah, hingga pabrikan besar memiliki spesialiasi tersendiri menyesuaikan kebutuhan operator bus di daerahnya.
Proses produksi membangun body utuh (total rebody) di salah satu workshop karoseri di daerah Jawa Barat
Jika sekedar body repair alias perbaikan bodi pasca tabrakan, ataupun sekedar modifikasi sebagian tentunya industri karoseri berskala kecilpun sudah banyak yang mampu mengerjakannya menyesuaikan dengan selera & kebutuhan budget yang disiapkan oleh operator bus. Persaingan sengit industri jasa transportasi darat antar operator Bus AKAP maupun Bus Pariwisata memaksa setiap operator bus harus selalu melakukan terobosan terhadap fitur layanan yang diberikan salah satunya tampilan wajah baru armada bus yang digunakan agar mampu menarik perhatian calon penggunanya.
Seperti yang telah dipaparkan diatas, setiap tahun selalu ada model atau varian bodi terbaru yang diluncurkan oleh setiap industri karoseri bus. Tak terbatas pada model yang 100% berubah total maupun produk minor facelift alias ubahan minor pada beberapa bagian bodi untuk menyegarkan tampilan mengikuti tren perkembangan zaman. Investasi Biaya yang dikeluarkan untuk Rebody Minor Facelift bodi bus lawas jauh lebih terjangkau dibanding Rebody Total diatas chassis lama yang menghabiskan biaya lebih besar dengan perbedaan umur pemakaian tidak beda signifikan.
ALASAN VERMAK WAJAH a.k.a REBODY MINOR FACELIFT:
Banyak faktor yang menjadi pertimbangan operator bus mengapa memilih rebody sebagian saja dibanding harus Rebody Total Luar Dalam bodi busnya karena beberapa alasan:
- KECELAKAAN LALU LINTAS
Tabrakan ringan pada muka depan seperti gambar diatas sebagai contoh alasan operator bus melakukan rebody minor facelift alias meremajakan muka depan berparas lebih modern
Salah satu korban tabrak belakang di jalan toll, daripada diperbaiki ke bentuk semula sekalian saja dilakukan rebody minor facelift alias permak buritan layaknya bus keluaran model terbaru
- MENYEGARKAN TAMPILAN CITA RASA MODERN
CONTOH BODI LAWAS YANG PERNAH BERJAYA DI ERANYA:
Contoh Bodi Adiputro Setra lawas berselendang dan berlampu Marcopolo "Smiley" yang sangat ngetren kala itu di era 2005
Adiputro New Marcopolo sebagai generasi penerus Setra lawas sudah mengadopsi lampu Projector berpadu LED berwarna biru sebagai lampu senja sebagai tren baru di era 2007
Stop Lamp model Marcopolo Travego lawas masih didominasi bohlam filamen dan belum mengadopsi LED
Stop Lamp model New Marcopolo sudah didominasi lampu LED dengan pancaran sinar lebih terang dari bohlam filamen
Tampak belakang Bodi Rahayu Santosa Celcius yang ngetren di era 2009 lalu sudah mulai terlihat usang di era-2016 saat ini
Berikut ini akan penulis jabarkan hasil kreasi industri karoseri berskala kecil melakukan Rebody Minor Facelift yang diaplikasi pada body lawas bus yang telah berumur 5 tahun bahkan diatas 10 tahun yang kualitas akhirnya tidak kalah bersaing dengan armada bus yang 100% Rebody Total Eksterior Interior di industri karoseri skala besar.
PROSES REBODY MUKA DEPAN BELAKANG + PINTU DEPAN + REPAINTING
- SEBELUM PROSES REBODY:
Tampak depan bodi Rahayu Santosa New Evolution yang ngetren pada era-2010 ini sudah mulai terlihat usang di era 2016 ini
Tampak belakang bodi Rahayu Santosa New Evolution PO.Makmur
- PROSES REBODY DIMULAI:
Proses pengerjaan Vermak Wajah dilakukan dengan pemotongan "Pilar A" pada bodi Rahayu Santosa New Evolution untuk bisa dibentuk menghasilkan desain bodi yang diinginkan
Sosok bentuk wajah maskulin Skyliner dan garis kaca pada pintu depan sudah mulai terlihat pada bodi Rahayu Santosa New Evolution
Sosok Skyliner yang berkarakter juga sudah mulai terlihat pada aplikasi bodi Rahayu Santosa New Evolution
- HASIL AKHIR MAKE OVER INSTAN SETELAH PROSES REBODY:
Hasil akhir vermak wajah bodi Skyliner dan repainting total bodi bus yang sudah berubah total terlihat layaknya bus keluaran model terbaru
Hasil akhir vermak buritan belakang bodi Skyliner berbasis bodi Rahayu Santosa New Evolution
CONTOH REBODY MUKA DEPAN BELAKANG SAJA:
Muka Depan Bodi Marcopolo yang divermak menjadi bodi Adiputro Jetbus2+ New Setra
- HASIL AKHIR REBODY MUKA DEPAN BELAKANG SAJA:
Muka Depan bodi Adiputro Jetbus2+ New Setra "Wanna Be"
Hasil Rebody pada Po.Budiman rute Bandung-Wonosobo
Rebody Jetbus lawas Pahala Kencana
Rebody Jetbus lawas Pahala Kencana
Aktivitas Vermak Wajah di Bengkel Rebody Pahala Kencana Bandung
REBODY ANTI MAIN-STREAM BEDA ALIRAN:Rebody Jetbus lawas Pahala Kencana
Rebody Jetbus lawas Pahala Kencana
Aktivitas Vermak Wajah di Bengkel Rebody Pahala Kencana Bandung
Wujud Asli Body Neoplan pada armada Kramat Djati Pariwisata
Tampang Depan Body Neoplan yang telah berubah wujud bergaya Adiputro New Marcopolo
Body Asli New Armada Evo Next yang telah berganti wujud ala Adiputro New Marcopolo
Body Asli Rahayu Santosa Celcius juga bisa di make over bergaya Adiputro Jetbus2+ Setra
Kombinasi beberaga gaya pada body bus Gunung Mulia menghasilkan keunikan tersendiri
PO. Vista Touristama asal kota Bandung yang juga masih setia mempertahankan originalitas bodi Neoplan sebagai armada pariwisatanya
TETAP SETIA DENGAN ORIGINALITAS ANTI REBODY:
PO. Sargede asal kota Yogyakarta- Jawa Tengah yang masih setia mempertahankan originalitas bodi Rahayu Santosa Jetliner lawasnya untuk armada pariwisata jarak pendeknya
PO. Safari Dharma Raya (OBL) Kebayoran Lama divisi Pariwisata yang juga masih setia mempertahankan originalitas bodi Neoplan sebagai armada pariwisatanya
TERTARIK INGIN MENCOBA?
*BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT Ya :)
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Comments
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny
Post a Comment
Berkomentarlah secara bijak dan santun. Segala bentuk SPAM, SARA yang memprovokasi akan langsung dihapus oleh admin