Ide Sederhana Membangun Kemewahan Hotel Berjalan

Fenomena Kemewahan Hotel Berjalan Di Atas Bus Yang Layak Dicoba


Wujud Motor Home atau Recreation Vehicle (RV)
Wujud Motor Home atau Recreation Vehicle (RV) yang dapat berpindah-pindah ini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban di luar negeri. Di Indonesia sendiri tren motorhome masih terdengar asing di telinga masyarakat awam.


Motor Home di Indonesia
Penggunaan Motor Home di Indonesia sendiri masih sebatas sebagai Akomodasi Team yang berlomba seperti perlombaan motor cross ataupun mobil rally.


     Akhir-akhir ini di negeri Jepang sedang tren sebuah gaya hidup diatas Motor Home. Apa itu Motor Home? Di luar negeri sendiri Motor Home layaknya sebuah rumah "mobile" berukuran "mini" yang dapat memenuhi kebutuhan dasar penghuninya akan kebutuhan tempat tinggal yang layak yang memungkinkan berpindah dari suatu titik ke titik lainnya sesuai dengan keinginan penghuninya. Di Jepang sendiri populasi motor home terus bertambah seiring daya tarik para lansia usia non-produktif yang telah pensiun ingin menghabiskan hari tuanya dengan menjalani hidup berpindah-pindah berkeliling seluruh penjuru negeri Jepang.   

     Memang sebuah keputusan yang sulit dipahami tetapi itulah realita yang telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern saat ini yang senang mencoba sesuatu yang baru. Selain Motor Home berdimensi agak besar yang tergolong mahal ini sedang digandrungi oleh para lansia di Jepang, ternyata ada juga Camper Van berukuran "sangat mini" yang bisa dimiliki dengan aspek fungsional lebih terbatas namun dibanderol dengan harga jauh lebih terjangkau dibanding sebuah Motor Home.


Japan Mini Camper Van
Japan Mini Camper Van berukuran "mini" yang lebih terjangkau




VW Combi yang disulap berkonsep Camper Van


Alternatif Solusi Membangun Hotel Berjalan Di Atas Chassis Bus

1. CHASSIS & BODI KELUARAN BARU

Chassis 3-Axle Mercedes Benz OC500 RF2542
Chassis 3-Axle Mercedes Benz OC500 RF2542 dengan panjang hampir 13 meter


Harga Terbaru Chassis Bus Mercedes Benz di Indonesia
Harga OFF THE ROAD Chassis Only Bus Mercedes Benz yang dipasarkan saat ini belum termasuk biaya pembuatan bodi di perusahaan karoseri yang nominalnya tergantung selera dan kebutuhan si pemulik bus


Model terbaru Karoseri Bodi bus "High Deck" buatan Adiputro tipe Jetbus2+ HD Setra


Tampak Belakang Adiputro tipe Jetbus2+ HD Setra


2. Rebody Chassis Bus Bekas 

       Membeli chassis bus bekas adalah solusi investasi berbiaya rendah untuk membangun sebuah rumah berjalan atau Motor Home. Di pasaran banyak tersedia bus bekas dari era 90-an hingga yang masih kinyis-kinyis berumur kurang dari 2 tahun siap dipinang sesuai kebutuhan budget. Pilihan bus bekas pun beragam kondisi mesin dan bodynya dari yang masih layak pakai berkondisi baik hingga yang sudah "reot" atau "bobrok" termakan korosi di sekujur bodinya. Jika kondisi mesin tergolong sehat maka pekerjaan utama hanya terfokus pada perbaikan suspensi dan pembuatan body baru sesuai kebutuhan pemilik. Jika Chassis Only Hino RK8 berkondisi 100% baru dibanderol Rp 600jt lebih OFF THE ROAD, maka jika membeli Bus Bekas Layak Pakai keluaran tahun 1990 Up (MB 1518 atau 1521) tak lebih dari Rp 200jt sudah bisa dibawa pulang.


MB OH306 bermesin belakang produksi era 90-an maha karya karoseri GMM (German Motor Manufacturing)


Bus Bekas Mercedes Benz OH1525 th 2007 karoseri Restu Ibu 59 seat Ex.Big Bird Pariwisata dibanderol mulai dari Rp 400jt-an kondisi bagus layak pakai


Rata-rata Big Bus keluaran terbaru menempatkan Mesin di bagian Belakang atau buritan bus agar kabin lebih senyap

Keunggulan Chassis Bus Bekas:
  • Investasi awal jauh lebih miring ketimbang berinvestasi pada chassis keluaran terbaru.
  • Jika anda beruntung mendapatkan unit bus bekas berlabel Mercedes Benz OH1518 ataupun OH1521 dengan harga miring yang terkenal dengan suspensinya yang empuk walaupun belum berteknologi Air Suspension. 
  • Biaya Overhaul atau Turun Mesin Bus Bekas bermesin Mercedes Benz OH 1518 atau 1521 masih melimpah ruah pasokan suku cadangnya di pasar onderdil bus.
  • Jika kondisi body sudah banyak dihinggapi korosi di banyak bagian alangkah baiknya mengganti bodi baru sesuai selera dan kebutuhan. Saat ini pabrikan karoseri ternama sudah tersertifikasi membuat desain rancang bangun bus sesuai standard kenyamanan, dan keamanan pabrikan MB di Jerman.
Bus Mercedes Benz OH 408 VOLGREN bermesin belakang produksi era 90-an Ex.Bus Kota ini kondisinya tidak sebaik bus pariwisata pada umumnya

Bus bekas yang sudah berumur pun interiornya dapat disulap layaknya bus model terbaru dengan berbagai sentuhan kemewahan dari aplikasi material modern


3. Chassis Baru Medium Long Hino FC190 Front Engine


Chassis Bus Medium Long Hino FC190 bermesin depan
Chassis Bus Medium Long Hino FC190 bermesin depan



Bodi Bus Medium Long Hino FC190 karoseri Adiputro
Bodi Bus Medium Long Hino FC190 ini lebih panjang dari Medium Bus pada umumnya


Speedometer Bus Medium Long Hino FC190
Speedometer Bus Medium Long Hino FC190 yang terkesan modern & informatif

Keunggulan Chassis Hino FC190:
  • Bodi Ramping dengan panjang bodi 9.150 mm sehingga lebih lincah bermanuver di kepadatan lalu lintas.
  • Kubikasi mesin diesel 4-silinder inline berkapasitas 5.123 cc mampu menghasilkan tenaga 190 PS di 2.500 Rpm dan Torsi 560 Nm di 2.000 Rpm namun tergolong irit bahan bakar dibanding varian mesin bus besar (Hino AK atau RK8)
  • Mesin Hino FC190 dirancang memiliki banyak kemiripan dengan versi truk bertipe sama sehingga menjamin efisiensi maksimal biaya operasional Bus Hino FC190 sekaligus jaminan ketersediaan pasokan suku cadang seantero tanah air.
  • Bus bermesin depan sangat cocok dijadikan Motor Home agar bisa menciptakan banyak ruang bagasi di sisi samping kiri, kanan, dan belakang bodi bus.
  • Harga Baru Chassis + Mesin Bus Hino FC190 ini tergolong masih rasional di rentang Rp 417jt OFF THE ROAD sehingga layak menjadi pertimbangan untuk membangun sebuah First Class Motor Home berbiaya terjangkau.
Chassis Truk Hino FC190

Wujud Chassis Truk Hino FC190 untuk angkutan barang


Kelemahan Chassis Hino FC190:
  • Layaknya semua bus bermesin depan pastilah merambatkan bunyi raungan mesin hingga ke dalam kabin bus yang berpengaruh pada kesenyapan seluruh isi kabin ketika bus ketika sedang melaju dibandingkan bus bermesin belakang yang lebih Low-Noise. 
  • Jika anda ingin meningkatkan kesenyapan kabin saat bus melaju dapat menambahkan banyak peredaman pada bodi bus disekeliling area ruang mesin.

4. Chassis Baru Hino AK8 215 Front Engine


Chassis Bus Hino AK8 A215 bermesin depan

Bus Patas AKDP kelas Ekonomi yang masih setia mengandalkan chassis Hino AK8 A215

Keunggulan Hino AK8 215:
  • Total panjang keseluruhan 11.180 mm sedikit lebih panjang dari varian Medium Long FC190 yang memiliki panjang keseluruhan 9.150 mm sehingga daya tampung pun lebih banyak.
  • Kubikasi mesin lebih besar dari varian Bus Medium Long FC190 sehingga output yang dihasilkan pun juga lebih besar agar bisa menghela beban angkut dan bobot bodi yang lebih berat.
  • Tenaga yang dihasilkan dari Mesin diesel 4 silinder inline berkapasitas 7.684 cc ini mampu meletupkan 215 Ps pada 2.500 Rpm
  • Bus bermesin depan sangat cocok dijadikan Motor Home agar bisa menciptakan banyak ruang bagasi di sisi samping kiri, kanan, dan belakang bodi bus.
  • Mesin Hino AK Series sebetulnya telah hadir cukup lama dan telah teruji ketangguhannya digunakan sebagai bus kota (bus bumel) jarak pendek maupun rute jarak menengah (bus AKDP). Namun seri AK8 215 model terbaru saat ini telah dilakukan banyak penyempurnaan berupa suara mesin yang lebih halus dari AK Series generasi sebelumnya. Budget yang tersisa dapat digunakan untuk membangun bodi di perusahaan karoseri pilihan.
  • Hino AK8 215 cukup banyak memikat hati para operator bus bumel dan AKDP karena biaya operasional yang murah & pasokan suku cadang sangat melimpah mudah didapatkan di seantero tanah air.
  • Harga Baru Chassis + Mesin Bus Hino AK8 215 ini tergolong masih rasional di rentang 480jt OFF THE ROAD sehingga layak menjadi pertimbangan untuk membangun sebuah First Class Motor Home berbiaya terjangkau. Karena harga chassis tergolong ramah di kantong maka budget yang tersisa dapat dialokasikan untuk membangun bodi di perusahaan karoseri pilihan.


Kelemahan Chassis Hino AK8 215:
  • Layaknya semua bus bermesin depan pastilah merambatkan bunyi raungan mesin hingga ke dalam kabin bus yang berpengaruh pada kesenyapan seluruh isi kabin ketika bus ketika sedang melaju dibandingkan bus bermesin belakang yang lebih Low-Noise. 
  • Jika anda ingin meningkatkan kesenyapan kabin saat bus melaju dapat menambahkan banyak peredaman pada bodi bus disekeliling area ruang mesin.
HOME SWEET HOME



Layout Ruangan & Utilitas Hotel Berjalan yang dibangun diatas Chassis Bus




Fasilitas "Dapur Mini" untuk memasak

Fasilitas "Ruang Tamu Mini" untuk sekedar berkumpul

Dilengkapi juga dengan Fasilitas "Toilet Mini" kering
Vendor: 

1. BODY BUILDER (Karoseri)



Super Bus Karoseri Tiga
Super Bus Karoseri Tiga yang berdesain futuristik

Motor Home Medium Bus Karoseri Tiga
Motor Home Medium Bus Karoseri Tiga diatas chassis bus medium Hyundai

Motor Home Medium Bus Karoseri Tiga
Tampak Belakang Motor Home Medium Bus Karoseri Tiga


2. ELECTRONIC APPLIANCES

  • Genset Portable Silent 3000 Watt
  • AC Split 1/4 PK
  • Kulkas Mini
  • Unilever Pure It
  • Water Heater Gas



  • Inverter DC12V to AC 220V




  • Lampu LED Strip 12V








  • Wifi Hotspot






  • Nex Drive Nex Media



  • Comments

    $cocoper6 said…
    Keinginan punya motor home