Tips Upgrade Ampere Aki Standar Karimun Wagon-R

Tips Sederhana Upgrade Ampere Aki Standard Suzuki Karimun Wagon-R Berkapasitas Lebih Besar


Aki standard pabrik Suzuki Karimun Wagon-R
Aki standard NS40Z Karimun Wagon-R bawaan pabrik berdaya 12V-35A


     Tidak ada yang salah dengan kapasitas aki standard Suzuki Karimun Wagon-R yang terpasang berdaya 12 Volt - 35 Ampere ini. Terlahir sebagai mobil LCGC bermesin kecil 3-silinder inline 1.000cc tentu sudah diperhitungkan berapa besar kapasitas aki yang sesuai dengan kebutuhan kelistrikan Karimun Wagon-R. Walau aki standard bawaan pabrikan Suzuki yang digunakan Karimun Wagon-R berkategori aki paling mini untuk mobil beroda empat menjadi salah satu faktor pendukung untuk menekan harga jual sekompetitif mungkin sebagai mobil berpredikat Low Cost Green Car (LCGC). 



LCGC Suzuki Karimun Wagon-R bermesin 1.000cc
Spesies baru LCGC Suzuki Karimun Wagon-R bermesin 1.000cc  

Kondisi Aki Standard 12V-35A Suzuki Karimun Wagon-R
Kondisi Aki Standard 12V-35A bawaan pabrik masih terpasang di ruang mesin Wagon-R


Tips Upgrade Ampere Aki Standar Karimun Wagon-R
Masih tersisa ruang tambahan untuk aki baru berkapasitas Ampere lebih besar untuk bisa menghuni ruang mesin Suzuki Karimun Wagon-R

     Banyak alasan yang melatarbelakangi para pemilik mobil mengganti aki standard bawaan pabrikan menjadi ukuran lebih besar dengan beberapa pertimbangan:
  • Penggantian Dinamo Ampere atau Alternator berkapasitas lebih besar untuk mengimbangi beban kelistrikan mobil yang bertambah akibat penambahan berbagai aksesori yang banyak menyedot setrum, semisal: Car Audio, Winch, Lampu kabut tambahan, Air Horn, dll.
Instalasi Car Audio Extreme seperti gambar diatas sangat membebani kelistrikan mobil


Klakson Telolet Mobil
Instalasi Air Horn atau Klakson Telolet yang sedang booming terpasang pada mobil sangat menguras setrum kelistrikan mobil
  • Dinamo Stater bekerja terlalu berat untuk menghidupkan mesin sehingga setrum aki standard bawaan pabrik sering tekor.
Dinamo Stater Karimun Wagon-R
Wujud Dinamo Stater Karimun Wagon-R
  • Dinamo Ampere atau Alternator melemah sehingga berdampak pada pengisian daya listrik tidak maksimal yang menyebabkan aki standard bawaan pabrik juga cepat tekor.

Dinamo Ampere Karimun Wagon-R bekerja normal
Dinamo Ampere yang bekerja normal menunjukkan tegangan diatas 14V


    Jika ditelisik riwayatnya, Karimun Wagon-R edisi keluaran awal dirilis pada akhir tahun 2013 silam artinya saat artikel ini ditulis baru berumur genap 3 tahun berjalan & seharusnya kondisi komponen penunjang kelistrikan mobil seperti Alternator dan Dinamo Stater masih dalam kondisi baik. Memang betul adanya bisa dibilang dalam kurun waktu pemakaian menjelang 3 tahun berjalan ini tidak pernah ada kendala sedikitpun dengan performa komponen penyuplai daya kelistrikan di Karimun Wagon keluaran 2014 ini lantas apa gerangan yang menyebabkan penulis merasa perlu untuk mengupgrade kapasitas Ampere dari aki standard bawaan pabrikan Suzuki ???

     Berikut ini adalah alasan sederhana motivasi penulis yang sengaja mengupgrade kapasitas aki standard Wagon-R yang didasari pertimbangan logis:


Penambahan Koil Racing juga membebani kelistrikan mobil
  1. Mobil dalam kondsi 100% standard pabrikan, tidak ada modifikasi pada mesin berupa pemasangan komponen tambahan, semisal: Koil Racing yang memicu penambahan beban daya kelistrikan yang mana hal ini berimbas positif pada kinerja dinamo stater yang lebih ringan menghidupkan mesin jika kapasitas aki yang digunakan lebih besar dari ukuran standard pabrikan.
  2. Kapasitas aki yang lebih besar dari ukuran standard juga memperingan kinerja Alternator atau Dinamo Ampere dalam melakukan pengisian daya aki selama mobil dikendarai terutama saat kondisi hujan lebat di malam hari dimana; Lampu, Wiper, AC, dan mungkin Audio bekerja non-stop selama di perjalanan.
  3. Berkaitan Point 1 & 2 diatas, Aki berkapasitas lebih besar mempengaruhi umur pemakaian menjadi lebih panjang atau Long Lifetime secara signifikan. Misal aki standar rata-rata berumur 1 tahun sudah minta diganti baru, dengan penggunaan kapasitas Aki lebih besar (merek Aki sama persis) bisa memperpanjang umur aki minimal 1.5 tahun hingga menjelang 2 tahun total pemakaian. 
  4. Head Lamp atau Lampu Depan Mobil menjadi sedikit lebih terang dari kondisi sebelumnya yang tentunya sangat berguna menambah visibilitas saat berkendara di malam hari.
  5. Embusan AC saat mesin dalam kondisi langsam dirasa menjadi sedikit lebih dingin dari biasanya.
  6. Pedal gas saat diinjak terasa sedikit lebih enteng terutama saat mobil diajak berakselerasi dari keadaan diam.
  7. Akibat beban kelistrikan yang dipikul Aki, Dinamo Ampere, dan Dinamo Stater lebih ringan dari biasanya saat mobil melaju nyatanya juga berimbas positif pada efisiensi atau konsumsi BBM mobil kesayangan menjadi sedikit lebih irit (tidak signifikan) dari kondisi sebelumnya.
  8. Manfaat tambahan lainnya yang sering tidak disadari yaitu mempermudah stater awal pada aki mobil lain yang mengalami soak dipancing dengan bantuan kabel jumper.

Kabel Jumper Aki Mobil

    Memang harus diakui beberapa pertimbangan diatas juga bukan berarti tanpa kendala dalam aplikasinya di semua merek mobil ataupun dilema yang menghampiri para pemilik mobil:
  • Harga Aki baru berkapasitas lebih besar harus ditebus lebih mahal sekitar 30-35% dari harga normal aki baru ukuran standar bawaan pabrikan mobil.
Ragam pilihan Aki Kering (MF) untuk upgrade kapasitas Ampere Aki Standard Bawaan Pabrikan
  • Keterbatasan ruang mesin pada area aki yang tidak memungkinkan untuk mengganti aki menjadi ukuran lebih besar.
Ruang mesin Karimun Estillo 1.1 yang tidak memungkinkan untuk upgrade Aki berkapasitas Ampere lebih besar karena terkendala posisi box sekring yang menghalangi penempatan aki baru
  • Memerlukan sentuhan tangan dingin untuk modifikasi ringan kepala aki yang terpasang pada kutub (+) (-) aki agar aki baru yang berkapasitas lebih besar bisa terpasang sempurna pada area aki di Engine Bay atau ruang mesin mobil kesayangan.

     Jika pembaca sekalian juga pemilik Karimun Wagon-R ingin mencoba mengaplikasikan Upgrade Aki Standar Wagon-R, berikut ini diuraikan peralatan & bahan pendukung apa saja yang dibutuhkan beserta tahapan pengerjaannya:
  • Aki baru berkapasitas 12 Volt - 55 Ampere (lazim digunakan pada mobil Toyota Vios)
Aki kering Amaron sangat direkomendasikan untuk Upgrade Aki berkapasitas Ampere lebih besar karena daya tahannya 2x lipat Aki sejenis pada umumnya
  • Lempengan Tembaga Pipih sepanjang 10 cm tebal 2 mm yang di bor pada kedua bagian ujungnya.
Pelat tembaga pipih sebagai konektor kepala aki yang baru sekaligus penghantar arus listrik yang baik
  • Kepala aki berukuran besar yang bisa dibeli di toko sparepart berfungsi sebagai konektor agar bisa matching atau sinkron dengan kutub (+) aki baru yang berukuran kepala besar juga.
Pilihan kepala aki ukuran besar berbahan kuningan & timah yang banyak dijual di pasaran
  • Isolator berupa solasi listrik berwarna hitam untuk mencegah terjadi korsleting akibat lempengan tembaga pipih menempel dengan metal komponen lain di dalam ruang mesin mobil.

Kondisi kepala aki baru telah terpasang dengan sempurna, jangan lupa dilapis isolator solasi listrik agar terhindar dari percikan api yang beresiko korsleting

  • Modifikasi ringan dengan memperbesar ukuran kepala aki standar yang berukuran kecil agar muat untuk mengunci kutub (-) aki baru yang berkepala besar.

Aki baru berkapasitas Ampere lebih besar (Amaron MF 12V-55A) telah terpasang sempurna menghuni ruang mesin Karimun Wagon-R

  • Kunci Pas ukuran 8 mm dan 12 mm untuk mengencangkan baut kepala aki & housing kawat pengikat dudukan aki ke rangka bodi mobil.

Kunci Pas Model T Putar 3-Way berukuran 8,10,12 mm untuk mempermudah modifikasi ringan melepas aki lama dan memasang aki baru

IMPORTANT NOTICE !!!

     Jika pembaca sekalian telah merasakan banyak manfaat positif dari upgrade ukuran aki standard menjadi kapasitas lebih besar alangkah bijaknya tidak boleh melupakan hal krusial agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, seperti:
  • Kapasitas Aki telah membesar namun jika masih mengandalkan kabel massa (grounding) standar bawaan pabrikan beresiko tinggi meleleh jika anda memaksakan penambahan beban kelistrikan yang berlebihan dari pemasangan Car Audio Extreme, atau Klakson Air Horn bisa menjadi malapetaka korsleting pada jalur kelistrikan hingga berpotensi membakar hangus mobil anda saat sedang melaju di jalan.
Resiko mobil hangus terbakar akibat korsleting arus listrik
  • Jika ingin melakukan pemasangan Car Audio extreme, atau aksesoris berdaya listrik tinggi alangkah bijaknya juga diikuti dengan penggantian Alternator dan ukuran Kabel Massa (grounding) berukuran lebih besar untuk mencegah terjadinya korsleting akibat kabel massa tidak kuat menahan panas dari beban kelistrikan yang melebihi ambang batas.

Jika beban kelistrikan bertambah cukup banyak, disarankan mengganti Dinamo Ampere ke ukuran lebih besar, misal 60A, 90A, atau 120A disesuaikan dengan kebutuhan daya kelistrikan mobil

Pemasangan kabel grounding tambahan untuk mencegah kabel massa bawaan pabrik meleleh karena kelebihan beban arus listrik

Aksesoris pada mobil Off Road berupa Winch juga sangat banyak menyedot kebutuhan arus listrik mobil disarankan untuk meng-upgrade Alternator dengan Ampere lebih besar serta penambahan kabel grounding

Comments