Menilik Perbedaan Spesifikasi Duet Karimun Estillo

Serupa Tapi Tak Sama: Mencermati Perbedaan Signifikan Fitur Standard Karimun Estillo & New Karimun Estillo




     Bagi sebagian masyarakat awam pasti sering keliru membedakan antara varian Suzuki Karimun Estillo dengan New Karimun Estillo. Sepintas memang terlihat mirip namun bagi penulis inilah satu-satunya produk mobil Jepang saat ini yang berani ambil resiko melakukan "downsizing" atas kapasitas mesin yang diusung. Tentunya pihak Suzuki Indomobil selaku ATPM telah melakukan analisis mendalam atas langkah berani ini di tengah gempuran persaingan sengit kelas "City Car" yang sedang naik daun antar pabrikan Jepang dan Korea kala itu. Seiring bergulirnya waktu, ternyata antara pengguna Suzuki Karimun Estillo 1.1 dan New Karimun Estillo 1.0 memiliki karakteristik selera dan kebutuhan yang berbeda padahal kedua model mobil ini dibangun diatas platform yang sama. Walaupun populasi Suzuki Karimun Estillo 1.1 dan New Karimun Estillo 1.0 tidak sebanyak pendahulunya Suzuki Karimun Kotak tapi tetap memiliki penggemarnya masing-masing terlepas dari kelebihan maupun kelemahan yang dimilikinya. Menurut analogi penulis yang mencoba memahami strategi dagang Suzuki Indomobil, mungkin kehadiran New Karimun Estillo 1.0 memang sengaja dipersiapkan sebagai langkah awal pembuktian pabrikan Suzuki Japan atas ketangguhan, performa, dan efisiensi yang lebih baik dari penyempurnaan teknologi mesin 3-Silinder terbarunya yang tidak mustahil akan semakin banyak diaplikasi para produk Suzuki lain kedepannya.








SEJARAH SINGKAT:
  • TAHUN PRODUKSI

Suzuki Karimun Estillo pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 akhir sebagai penerus kesuksesan Karimun Kotak yang telah hadir terlebih dahulu. Karimun Estillo edisi perdana hadir mengusung mesin 4-Silinder Multi Point Injection berkapasitas 1.100cc yang lebih bertenaga dari pendahulunya Suzuki Karimun Kotak bermesin konvensional yang masih mengandalkan karburator sebagai sistem pengabutan bahan bakar. Sengitnya persaingan kelas City Car dari pabrikan Korea yang mencoba masuk di segmen pasar yang sama mendorong Indomobil Suzuki untuk melakukan penyegaran Karimun Estillo di tahun 2009 setelah 3 tahun pertama debutnya di segmen City dengan harapan agar tetap bisa kompetitif di pasar otomotif nasional.
Memasuki tahun 2010 terjadi sedikit penyegaran atau minor facelift berupa perubahan model lampu depan dan pernak-pernik eksterior agar terlihat lebih modern mengikuti tren terkini yang dikenal dengan New Karimun Estillo. Selain melakukan penyegaran di beberapa bagian eksterior ternyata Suzuki Indomobil sebagai ATPM Suzuki di Indonesia melakukan sedikit "downgrade" kubikasi mesin dari semula 4-Cylinder Inline 1.100cc 16 Valve MPI menjadi 3-Cylinder Inline 1.000cc 12 Valve MPI. Pihak Suzuki Indomobil sendiri mengklaim perubahan spesifikasi mesin Karimun Estillo Facelift tidak berpengaruh signifikan pada performa namun diyakini bisa meningkatkan efisiensi yang lebih baik lagi dari Karimun Estillo edisi perdana bermesin 4-Silinder 1.100cc. Di akhir penghujung 2011 muncul kebijakan pemerintah yang ingin mendorong pengembangan mobil nasional dalam format LCGC. Pihak Suzuki Indomobil ingin ambil bagian dari rencana besar proyek mobil LCGC sehingga di tahun 2012 Suzuki New Karimun Estillo 1.0 resmi discontinued alias distop produksinya dengan posisi harga jual terakhir Rp 126jt OTR Plat B DKI. 
Namun ternyata penerapan regulasi mobil nasional berformat LCGC di lapangan sedikit terhambat sehingga Suzuki Indomobil baru resmi merilis produk LCGC berlabel Suzuki Karimun Wagon-R tepatnya pada akhir 2013 silam. Artinya Suzuki Indomobil sendiri sempat mengalami "kekosongan" lini produk City Car sebelum Karimun Wagon-R resmi dipasarkan ke khalayak luas.


Ragam Pilihan Warna Modern Suzuki New Karimun Estillo 1.0



EKSTERIOR:
  • LAMPU DEPAN & BUMPER DEPAN




  • KACA SPION LUAR












  • VELG & BAN







  • BUMPER BELAKANG

INTERIOR:
  • WARNA DASHBOARD







  • SPEEDOMETER









  • AKOMODASI KABIN & BAGASI





MESIN:
  • PERFORMA MESIN








  • KONSUMSI BBM

HARGA PASAR:




Karimun Estillo 1.1:
  • Tahun 2006 1.1 Non-Rpm: Rp 60 - 62 Juta* 
  • Tahun 2007 1.1 Rpm       : Rp 62 - 64 Juta*
  • Tahun 2008 1.1 Rpm       : Rp 64 - 66 Juta*
New Karimun Estillo 1.0 Facelift:
  • Tahun 2009 1.0 : Rp 67 - 69 Juta*
  • Tahun 2010 1.0 : Rp 69 - 71 Juta*
  • Tahun 2011 1.0 : Rp 71 - 73 Juta*
  • Tahun 2012 1.0 : Rp 73 - 75 Juta*

*Harga Pasar diatas berdasarkan data pertengahan tahun 2016 dan bukan patokan harga baku. Di setiap daerah tentu memiliki memiliki kondisi pasar yang beragam bergantung pada banyak indikator & parameter tingkat perekonomian suatu daerah. Mohon agar dapat disikapi dengan bijak oleh para pembaca budiman.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Comments

cici said…
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny