Tips Cerdik Kredit Murah Mobil Bekas dari Pemakai Langsung

Simulasi Kredit Murah Mobil Bekas Berkualitas Membeli dari Pemilik Langsung


Harga Pasaran Mobil Bekas LCGC
Aneka pilihan Mobil Bekas LCGC yang rata-rata baru berumur kurang dari 3 tahun

     Bagi sebagian besar masyarakat awam, pilihan membeli mobil baru adalah sebuah keputusan terbaik minim resiko terhindar dari tingginya biaya perawatan dan pemeliharaan sebuah kendaraan gress yang dibelinya. Namun ternyata faktanya di lapangan "sebagian" kalangan hanya mampu membayar DP alias Uang Muka yang harus dipenuhi namun masih merasa berat menanggung beban nominal angsuran bulanan kredit sebuah mobil baru yang tergolong tinggi ditambah dgn tenor panjang pula antara 4 hingga 5 tahun lamanya mengangsur. Di zaman super sibuk ini, mobil telah bergeser menjadi kebutuhan primer yang menopang seluruh aspek penghidupan di suatu rumah tangga. Bayangkan dengan memiliki sebuah mobil terlepas dari statusnya sebagai mobil baru ataukah mobil bekas, ia mengemban peran terbesar yaitu sebagai pendamping mencari nafkah. Dengan memiliki mobil kita mampu memperoleh gaji/ penghasilan rutin dari perusahaan tempat kita bekerja, mampu membiayai kebutuhan anak sekolah, kebutuhan rutin rumah tangga, kebutuhan masa depan, dan kebutuhan sosial lainnya.

Bepergian jauh naik motor memang solusi paling efisien, namun pemandangan diatas sangatlah mengandung resiko tinggi


     Oleh sebab itu tidaklah mengherankan walaupun kondisi jalan di ibukota semakin hari semakin parah tingkat kemacetannya, keberadaan mobil pribadi telah menjadi bagian dari gaya hidup tak terpisahkan sehingga populasinya pun kian tak terbendung. Di tengah himpitan kebutuhan akan sarana mobilitas jarak jauh yg nyaman & aman, celah ini pun menjadi "kue lezat" perusahaan pembiayaan yang berusaha menjembatani kebutuhan para calon debitur untuk mewujudkan impian memiliki mobil "bekas" idaman. 

AKAR PERMASALAHAN ?


      Di balik akar permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Lalu bagaimana solusi terbaik atas sebuah permasalahan yg terjadi jika seseorang membutuhkan sarana transportasi yang nyaman, aman, dapat diandalkan, dan multifungsi namun dihinggapi "kegalauan" akan beberapa pertimbangan seputar kebutuhan aktualnya:
  • Tabungan yang dimiliki hanya sanggup membayar "Total DP Ringan" sesuai kemampuan finansial.
  • Besarnya cicilan atau angsuran yang dibayarkan tiap bulannya harus "wajar/ rasional" dalam artian masih mampu mencukupi berbagai kebutuhan belanja rutin lainnya.
  • Tenor atau Masa Angsuran Kredit tidak boleh terlalu lama atau maksimal 3 tahun mengangsur dari sejak tanggal pembayaran Total DP.
  • Mobil yang diincar masih dalam dalam kondisi wajar jam terbang pemakaiannya alias belum terlalu berumur.
  • Biaya operasional rutin mobil, semisal perawatan, pemeliharaan, konsumsi BBM, nilai Pajak Tahunan masih tergolong efisien di kantong.
  • Jika angsuran mobil telah lunas di tahun ke tiga, tingkat depreasiasi atau penyusutan saat dijual kembali/ Resale Value masih rasional dalam artian tidak terlalu jatuh jauh harga pasarannya.
  • Proses Pengajuan Kredit Mudah & Cepat
    Disini penulis akan berbagi pengetahuan sekaligus juga pengalaman sebagai alternatif solusi tepat guna jika ada para pembaca artikel blog ini mengalami "kegalauan" yang sama seperti yang pernah saya alami. Mari kita simak 11 panduan berikut detail alur prosesnya berikut ini:

APA SOLUSI TERBAIK ?

1. Tetapkan Budget Yang Dialokasikan


     Calon pembeli mobil harus sudah bisa menetapkan secara realistis:
  • Berapa besar pagu atau batas atas banderol sebuah mobil bekas incaran.
  • Berapa besar kemampuan membayar Total DP sebagai Uang Muka yang harus dibayarkan ke perusahaan pembiayaan.
  • Berapa besar alokasi kemampuan membayar Angsuran tiap bulannya yang disisihkan dari penghasilan yang mana tidak menganggu kebutuhan belanja rutin rumah tangga lainnya.
Simulasi Kredit Mobil Bekas LCGC
Cek Simulasi Kredit Mobil Bekas via Website ACC Cek DISINI


2. Pilihlah Mobil Bekas Berstatus "LCGC"


      Sekilas Pandang Mobil LCGC: "Mobil yang terlahir dengan status atau label LCGC (Low Cost Green Car) adalah bentuk dukungan pemerintah dalam hal memajukan industri otomotif nasional dengan cara mengoptimalkan jumlah kandungan lokal pada tiap material komponen mobil LCGC agar bisa diberi kompensasi berupa Penghapusan PPN 10% sehingga nilai jual mobil semakin menjangkau daya beli masyarakat luas untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya" 

Harga Pasaran Mobil Bekas LCGC
The Big Four LCGC; Suzuki Karimun Wagon R, Toyota Agya/ Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun Go+ Panca kondisi bekas berkualitas dengan banderol yang sangat terjangkau di rentang harga 70jt - 80jt  (pasaran tahun 2013 - 2014) sangat cocok menjadi pilihan mobil perdana


Simulasi Kredit Mobil Bekas LCGC
Fleksibilitas & Fungsionalitas Tinggi Interior Suzuki Karimun Wagon R


Simulasi Kredit Mobil Bekas LCGC
Interior Toyota Agya dan Honda Brio Satya lebih dominan unsur sedan


Simulasi Kredit Mobil Bekas LCGC
Interior Datsun Go+ Panca lebih unggul dengan volume paling luas dengan konfigurasi jok 3 baris di kelasnya plus daya angkut 5+2 orang


Simulasi Kredit Mobil Bekas LCGC
Datsun Go+ Panca cocok bagi pasangan keluarga muda yang senang bepergian jauh


Dimensi eksterior The Big Four LCGC hanya beda tipis tidak terpaut jauh


     Walaupun berstatus "LCGC" alias mobil terjangkau sejuta umat namun built quality atau kualitas keseluruhan; desain, ergonomis, kehandalan, efisiensi, dan daya tahan telah teruji dan terbukti ketangguhannya nyaris setara degan mobil Non-LCGC yang dikenai beban PPN10% plus biaya produksi yang lebih mahal karena masih dominan komponen import di dalamnya.


PILIHAN ALTERNATIF LAIN MOBIL NON-LCGC:

     Jika pembaca "Kurang Sreg" dengan pilihan desain ataupun image sebuah mobil LCGC yang dirasa kurang nyaman masih terdapat alternatif lain Non-LCGC yang sekiranya cocok dengan selera & budget yang anda miliki: 


Simulasi Kredit Mobil Bekas Non LCGC
Suzuki Karimun Estillo 1.1 VXi masuk kategori City Car Non-LCGC diperkenalkan pertama kali tahun 2007 - 2009 berada di rentang harga Rp 60 - 70jt saja


Simulasi Kredit Mobil Bekas Non LCGC
Suzuki Karimun New Estillo 1.0 "Facelift" ini adalah penyegaran dari Suzuki Karimun Estillo 1.1 VXi yang juga masuk kategori City Car Non-LCGC mulai diproduksi dari tahun 2010 - 2012 berada di rentang harga Rp 70 - 80jt saja


Simulasi Kredit Mobil Bekas Vios Limo Ex.Taksi Blue Bird
Alternatif lain Toyota Limo Ex.Taksi Blue Bird Generasi 1 ini sudah teruji & terbukti ketangguhannya serta memiliki tingkat kenyamanan yang jauh lebih baik ketimbang mobil LCGC. Toyota Vios Limo Gen.1 Ex.Taksi Blue Bird mulai diproduksi antara tahun 2004 - 2006 ini berada di rentang harga Rp 50 - 60jt saja



Jika pembaca merasa Toyota Vios Limo Gen.1 Ex.Blue Bird produksi 2004-2006 sudah cukup berumur, masih ada alternatif lain Toyota New Limo Gen.2 Ex.Blue Bird yang mulai dipasarkan th 2007 - 2009 ini berada di rentang harga Rp 60 - 70jt dirasa masih cukup terjangkau untuk dimiliki



3. Cek & Ricek Awal Harga Pasaran Aktual

Cara mudah mengecek harga pasar mobil bekas di era teknologi serba canggih 
Situs Marketplace OLX cukup populer untuk menemukan barang bekas berkualitas dengan harga miring dari pemakai langsung
Iklan baris harian Pos Kota yang juga sudah tampil Online di situs: iklanbaris.poskotanews.com


4. Ajukan Perhitungan / Simulasi Kredit ke perusahaan pembiayaan  

    Sebelum berburu mobil bekas incaran tidak ada salahnya anda bertandang ke kantor perusahaan Leasing Ternama yang Bersedia Membiayai Kredit Mobil Bekas untuk dilakukan perhitungan besarnya nominal total DP yang wajib disediakan, cicilan atau angsuran bulanan yang harus rutin dibayarkan dari besaran nilai kredit mobil bekas incaran.




Salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka milik Astra Group ini melayani pembelian mobil bekas dari perorangan  melalui produk ACC C2C Financing (Customer To Customer Financing)


Digitalisasi yang dilakukan oleh Leasing ACC melalui kanal Aplikasi Android 


Beragam Manfaat yang didapat debitur dengan memanfaatkan Aplikasi Android ACC Yes


Rival atau Competitor ACC yang juga menawarkan pembiayaan kredit mobil bekas dari perorangan yaitu Adira Finance


Simulasi Kredit Mobil Bekas Non LCGC via Leasing ACC
Salah satu contoh simulasi kredit mobil bekas Suzuki Karimun Estillo VXi tahun 2008 yang dibeli seharga Rp 65jt dari pemilik perorangan namun diajukan melalui Leasing ACC dengan appresial harga pasar tertinggi showroom mobil bekas seharga Rp 80jt.



Penjelasan Simulasi Kredit ACC C2C dengan "metode cerdas" diatas
  • Terjadi kesepakatan harga membeli mobil bekas (Suzuki Karimun Estillo 1.1 th 2008) dari Pemilik Langsung seharga = Rp 65.000.000,- 
  • Pengajuan Kredit Mobil via Leasing ACC C2C Financing dengan harga pasaran tertinggi showroom mobil bekas = Rp 80.000.000,-
  • Appresial ACC (Pencairan Kredit) untuk Suzuki Karimun Estillo 1.1 th 2008 maksimal = Rp 43.735.000,- (dibayarkan oleh pihak ACC ke pemilik mobil)
  • Besaran Total DP/ Total Uang Muka yang harus dibayarkan oleh calon pembeli mobil bekas/ debitur ke pemilik mobil hanya sebesar = Rp 21.265.000,- (Rp 65.000.000 - Rp 43.735.000)
  • Total DP sudah termasuk DP Murni, Angsuran 1, Asuransi TLO dibayar dimuka, Biaya Administrasi, dan Provisi.
  • Tenor Kredit = 3 tahun atau 36 bulan
  • Bunga Kredit 3 tahun = 9.75%/ tahun
  • Angsuran Tiap Bulan sangat ringan hanya = Rp 1.955.000 fixed selama 3 tahun mencicil hingga lunas. Artinya biaya kepemilikan mobil anda hanya Rp 65.000 per hari selama 3 tahun mengangsur yang mana jika Angsuran sudah Lunas akan menjadi Aset berharga anda yang bisa dijual lagi menghasilkan uang.
  • Premi ACP yaitu Astra Credit Protection alias Tambahan Asuransi Jiwa melindungi si Debitur/ Nasabah selama masa kredit jika terjadi musibah tidak diinginkan, semisal: meninggal dunia maka seluruh sisa angsuran berjalan akan langsung dihapuskan atau dianggap Lunas (ACP sifatnya opsional jika diinginkan atau dibutuhkan oleh nasabah)
Fakta Aktual ACC C2C Financing:
  • Bunga Kredit via ACC C2C Financing hanya sebesar 9.75% saja per tahunnya. Kondisi berbeda jika membeli mobil bekas dari Showroom Mobil Bekas yang bekerja sama dengan Leasing ACC akan mengenakan bunga lebih tinggi antara 10% hingga 10.25% untuk tenor yang sama 3 tahun.
  • Membeli mobil bekas dari Showroom Mobil Bekas yang bekerja sama dengan Leasing ACC akan mengenakan Provisi lebih tinggi ketimbang membeli mobil bekas dari pemakai langsung via ACC C2C Financing.
  • Proses verifikasi data nasabah antara membeli mobil bekas via Showroom maupun Pemilik Langsung tetap sama membutuhkan proses 4 hari kerja jika data lengkap.
  • Simulasi kredit Karimun Estillo 1.1 th 2008 via ACC C2C Financing diatas juga bisa diaplikasi untuk kredit mobil Toyota Vios Limo Ex.Taksi Blue Bird yang ingin dibeli dari perorangan (bukan dibeli dari pool Blue Bird)
  • Jika anda tipe manusia berdaya juang tinggi dan mau bersusah payah sedikit alangkah baiknya memprioritaskan waktu survey ke banyak tempat rumah calon penjual mobil berstatus pemilik langsung yang lebih berpotensi mendapatkan harga terbaik sehingga Nilai Taksiran / Apresial pihak Leasing Bisa Lebih Tinggi sehingga Total DP yang anda bayarkan & nominal angsuran jauh lebih ringan ketimbang anda membeli dari Showroom Mobil Bekas dengan Simulasi Kredit Ala Showroom.

    You Must Know

    • Satu hari sebelum persetujuan kredit & pelunasan pembayaran ke pemilik mobil, nasabah ybs dan pemilik mobil akan dihubungi oleh pihak ACC untuk datang ke kantor cabang ACC melakukan Cek Fisik Mobil (Gesek No.Rangka + No. Mesin) sekaligus menyerahkan Fisik BPKB + Faktur Asli untuk di cross check keabsahannya di Polda Metro Jaya.
    • Ada tambahan biaya Rp 200.000 untuk pengecekan fisik mobil dan keabsahan kelengkapan surat-surat mobil (BPKB, STNK, Faktur Asli) di Polda Metro Jaya yang dibayarkan ke pihak ACC saat dilakukan pelunasan pembayaran ke pemilik mobil.
    • Proses verifikasi data nasabah/ debitur memerlukan proses 4 hari kerja oleh pihak Leasing ACC jika penyerahan data lengkap.
    • Saat kredit yang diajukan resmi disetujui oleh pihak ACC, maka pihak nasabah datang kembali untuk melakukan Akad Kredit dan di waktu yang bersamaan dilakukan pelunasan pembayaran oleh pihak ACC.
    • Setelah nasabah melakukan Akad Kredit, pihak ACC telah melunasi pembayaran ke pemilik mobil, maka selanjutnya adalah serah terima kunci mobil, STNK, beserta mobil itu sendiri.
    • ===Proses Selesai====
    5. Berburu Mobil Bekas Milik Perorangan Yang Ingin Dijual



    6. Negosiasi Harga & Cara Pembayaran








    7. Proses Verifikasi Data Nasabah oleh pihak Leasing 


    8. Verifikasi Keabsahan & Kelengkapan Surat Kendaraan






    9. Persetujuan Kredit & Pelunasan Pembayaran








    10. Serah Terima Kunci, STNK, dan Mobil



    11. Siap Cari Nafkah, Silahturahmi, & Liburan







    **Important Notes:

    • Kondisi harga pasaran mobil bekas LCGC, Vios Limo Ex.Taksi, dan Simulasi Kredit via Leasing ACC yang dipaparkan oleh penulis diatas bukanlah patokan baku yang selalu menjadi acuan. Beragam faktor eksternal seperti ekonomi makro, kebijakan pemerintah, tingkat inflasi yang bersifat fluktuatif bisa merubah kondisi pasar mobil bekas dan simulasi perhitungan kredit yang dikeluarkan oleh pihak leasing. Mohon pembaca setia blog ini dapat menyikapinya dengan bijak.

    **Ps: Baca Juga Artikel Terkait Lainnya Ya :)

    Comments

    cici said…
    Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny