Review Nissan SUNNY GL NEO Ex.Taksi GAMYA

REVIEW KENYAMANAN BERKELAS ALA NISSAN SUNNY GL NEO 2007 Ex.Taksi GAMYA


       Setelah mengulas Kelebihan & Kelemahan Vios Limo Ex.Taksi Blue Bird pada postingan sebelumnya yang sungguh diluar dugaan banyak menuai respons positif, maka pada kesempatan ini gw mencoba ingin berbagi pengetahuan & wawasan lagi seputar alternatif pilihan lain "First Dream Car" berlabel Ex. Taksi yang kali ini bergenre Nissan Sunny GL NEO. Mendengar sebuah kata Nissan Sunny GL NEO tidak boleh kita lupakan keberadaannya masih ada di tengah-tengah kita selain Toyota Limo yang lebih mendominasi pasar armada taksi di negeri tercinta belakangan ini. Walaupun unit Nissan Sunny GL Neo Ex. Taksi Gamya lansiran 2007 yang akan diulas mendetail disini adalah milik seorang rekan kerja sekantor tetapi tidak ada salahnya kita kupas lebih mendalam seperti apa, bagaimana, dan mengapa harus Nissan Sunny GL NEO.
  • BEFORE

Armada Taksi Gamya Nissan Sunny GL Neo
Sosok Nissan Sunny GL Neo selagi masih berdinas dilabur warna hijau solid khas armada Taksi GAMYA dari masa ke masa

  • AFTER

Di bawah mentari sore: Tampak Perspektif Depan Nissan Sunny GL Neo Facelift th 2007 Ex. Taksi GAMYA


Di bawah mentari sore: Tampak Perspektif Belakang Nissan Sunny GL Neo Facelift th 2007 Ex. Taksi GAMYA
NOSTALGIC MEMORIES
  • 1980-an
Nissan Sunny 130Y 1988
Nissan Sunny 130Y lansiran 1987 cukup banyak diminati sebagai armada taksi kala itu

    Tahukah anda pabrikan mobil Nissan telah mengukir sejarah panjang di industri taksi tanah air? Perjalanan panjang telah dimulai sejak era-1980 dimana Nissan Sunny mulai diperkenalkan ke publik sebagai mobil berjenis small sedan (compact sedan) untuk mencuri hati banyak kalangan di pasar otomotif nasional kala itu. Sejak awal diperkenalkan ke publik pada medio 1980-an, nama Nissan Sunny lebih dikenal sebagai armada Taksi berjenis sedan compact. Tak perlu membutuhkan waktu lama, kehadiran Nissan Sunny langsung mendapat hati di kalangan pelaku industri taksi dengan segala kelebihan yang dimiliki dibanding pesaingnya sesama pabrikan Jepang juga. Saat itu Nissan Sunny juga tersedia versi non-taksi dan saat penulis masih kecil dulu sempat menyaksikan begitu banyak armada taksi berlabel Nissan Sunny wara-wiri dari berbagai operator taksi yang beroperasi di ibu kota kala itu. Sejarah panjang Nissan Sunny sebagai armada taksi di Indonesia juga tak bisa lepas dari nama besar perusahaan taksi GAMYA yang masih loyal mempercayakan seluruh armadanya hanya pada 1 pabrikan saja yaitu Nissan. Berbeda dengan perusahaan taksi lainnya yang memiliki kebijakan Multi Brand yaitu dengan mengoperasikan armada taksinya dari berbagai merek & tipe beberapa pabrikan mobil.
  • 1990-an
Nissan Sunny B13 (Nissan Genesis)
Tampak Depan Nissan Sunny B13 (Nissan Sunny Genesis) yang juga pernah digunakan sebagai armada Taksi Gamya di era 90-an


Tampak Belakang Nissan Sunny B13 (Nissan Sunny Genesis)

FIRST IMPRESSION NISSAN SUNNY GL NEO "Facelift" 2007

     Harus diakui banyak masyarakat awam tidak begitu mengenal spesies sedan Nissan yang satu ini. Yup karena operator Taksi Gamya sedari awal sudah mencopot emblem/ label SUNNY GL NEO yang menempel pada pintu bagasinya yang hanya tinggal menyisakan logo Nissan saja. Saat ini hanya perusahaan taksi GAMYA saja yang masih setia menggunakan tipe produk SUNNY lansiran pabrikan Nissan untuk seluruh armada taksinya yang beroperasi di Jabotabek. Sepintas tampilan eksterior Nissan SUNNY GL NEO tidak seperti armada taksi kebanyakan berformat "Fully Standard" tampilan eksterior maupun interiornya. Aksen krom pada Grill depan sudah petunjuk awal nilai pembeda kasta Nissan Sunny GL NEO dibanding pesaingnya sesama armada taksi. Sentuhan aksen krom tipis memanjang di bumper depan & belakang mengingatkan pada saudara sekandung seangkatan Nissan Teana yang terlahir sebagai sedan premium. 

     Baru sebentar saja mengamati tampilan eksterior hingga buritan Nissan Sunny GL NEO ini sudah terpanah asmara menggoda hati untuk mengenalnya lebih jauh lagi seperti apa pesona inner beauty-nya. Benar saja saat pintu sopir dibuka, atmosfer interiornya yang bernuansa hitam ini bertabur fitur berlimpah yang sangat jarang dimiliki oleh armada taksi pada umumnya. 

FUNCTIONAL ADVANTAGES:

  • 4 Spokes TILT & POWER STEERING WHEEL
Lingkar kemudi 4-spokes menyiratkan aura kemewahan bak sedan premium.
NISSAN SUNNY GL NEO Facelift 2007
Lingkar Setir 4-spokes with Power Steering
  • POWER WINDOW

Nissan Sunny GL NEO mengaplikasi Power Window di keempat jendelanya dengan fitur Auto pada jendela sopir sehingga bisa membuka & menutup jendela hanya dengan satu kali sentuhan saja.
Fitur 4 Power Window pada doortrim Pintu Sopir


Fitur Power Window pada pintu penumpang belakang
  • ELECTRIC ADJUSTABLE & RETRACTABLE MIRROR
Kaca Spion bisa diatur dari dalam cabin sekaligus fitur melipat kaca spion secara otomatis dari dalam.
Fitur pengatur Kaca Spion Elektris dan juga bisa melipat kaca spion secara elektris 

  • INTERMITTEN WIPER

Aspek keselamatan pengemudi disaat musim hujan sangat diperhatikan oleh pabrikan Nissan untuk meningkatkan kewaspadaan saat mengendarai SUNNY GL NEO Ex.GAMYA.
Fitur Intermitten pada Tuas Wiper

  • VANITY MIRROR With AUTO LIGHTING
Fitur Lampu Otomatis Vanity Mirror pada Sunshade penumpang kiri depan untuk Nyonya Besar berdandan selama di perjalanan :)
  • FRONT INTERIOR LIGHTING
Fitur Lampu Baca khusus untuk penumpang depan
  • VARIOUS STORAGE COMPARTMENT
Laci Penyimpanan yang terletak di Centre Dashborad


Fitur Detachable Cup Holder untuk penumpang depan 


Fitur Centre Console Box teletak di bagian tengah jok penumpang depan 
  • SPACIOUS BAGGAGE
Volume Bagasi cukup luas untuk ukuran sedan compact
  • WHEEL COVER (DOP RODA)

Walaupun masih menggunakan velg kaleng, tetapi pada unit facelift Nissan Sunny GL Neo ini sudah dibungkus dengan Wheel Cover untuk menyamarkan statusnya sebagai armada taksi.
Eksterior NISSAN SUNNY GL NEO Facelift 2007
Untuk Generasi Sunny GL NEO Facelift 2007 sudah tidak lagi menggunakan velg alluminium alloy melainkan menggunakan velg kaleng yang ditutup dengan Dop Roda 

  • MATERIAL JOK FABRIC

Bahan fabric atau pembungkus jok dari bahan kain lembut berwarna hitam yang menyerap panas sangat cocok diaplikasi di negara beriklim tropis seperti di Indonesia. Walaupun pembungkus jok berwarna hitam terlihat sporty elegan senada dengan bagian interior lainnya.
Interior NISSAN SUNNY GL NEO Facelift 2007
Material Fabric (beludru) sebagai bahan pelapis seluruh jok sangat lembut & tidak panas pada kulit

  • SPACIOUS REAR LEG ROOM
Jarak Ruang Kaki Penumpang Belakang cukup lega & nyaman untuk perjalanan jauh
  • THIRD MOUNT STOP LAMP
Aplikasi Third Mount Stop Lamp pada kaca belakang berguna untuk menghindari tabrak belakang saat turun kabut maupun hujan lebat 
  • HEAD LAMP & STOP LAMP model Altezza

Head Lamp atau Lampu Depan dan Stop Lamp atau Lampu Belakang pada bagian luar reflektornya di cat berwarna hitam menyiratkan aura sporty ala Toyota Altezza yang booming di era 2000 awal.
Aura sporty mencuat dengan reflektor model membulat pada stop lamp


Stop Lamp Altezza Nissan Sunny GL Neo 2007
Glow In The Dark Stop Lamp Altezza Nissan Sunny GL Neo 2007
  • 1.6L TWIN CAM Engine with 16 Valve

Kebanyakan armada taksi yang beredar di ibukota menggunakan mesin bensin berkapasitas 1.500cc, tetapi lain halnya dengan Nissan Sunny GL NEO menggendong mesin Twin Cam EFI dengan isi silinder 1.600cc dengan output Horse Power & Torsi lebih besar dibanding pesaingnya yang bermesin 1.500cc.
Mesin QG16DE 16 Valve - 4 cylinder inline - 1.600cc sudah mengaplikasi TIMING CHAIN yang High Realibility & Durability


SAFETY ADVANTAGES:

  • DUAL SRS AIRBAG
Aspek keselamatan pengemudi dan penumpang depan sangat diperhatikan oleh pabrikan Nissan sehingga menjadi nilai tambah sisi Safety Penumpang SUNNY GL NEO.
Fitur keselamatan SRS Airbag tersemat pada lingkar kemudi sopir


Fitur keselamatan SRS Airbag juga tersemat pada sisi kiri penumpang depan

  • 3 POINT REAR SEATBELT
Safety Belt 3 titik untuk penumpang belakang



YANG PERLU DIPERHATIKAN

       Yang namanya mobil ex.taksi walaupun telah dirawat dengan sebaik mungkin tak ada salahnya kita sebagai pembeli harus cermat dalam memilih agar tidak menyesal di kemudian hari. Unit Nissan SUNNY GL NEO Facelift 2007 yang dijual oleh pihak GAMYA rata-rata sudah menempuh 200rb-an km jauh lebih sedikit dibanding jam terbang Limo Ex.Taksi Blue Bird yang berada di range 350rb-an km jarak tempuhnya. Masalah paling krusial di semua mobil ex.taksi adalah kualitas suspensi atau kaki-kaki yang sudah mengalamai penurunan performa akibat dari operasional taksi yang cukup tinggi rata-rata per harinya ditambah dengan kondisi jalan ibukota yang masih banyak berlubang turut memperpendek usia pakai komponen kaki-kaki. 

       Lalu bagian apa saja harus cermat diperhatikan saat memilih unit terbaik untuk dibawa pulang sebagai mobil idaman? Mari kita simak panduannya berikut ini: 
  • ODOMETER & INSTRUMEN CLUSTER
Spedometer Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Perhatikan mileage / jarak tempuh pada odometer, pada gambar diatas unit Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007 baru menempuh 238.104 km. Cek juga instrumen cluster saat kunci kontak diputar sekali di posisi "ACC" bahwa semua instrumen cluster; volume oli, indikator aki, temperatur air, dan engine check harus menyala dalam artian seluruh fitur pendukung kinerja mesin berfungsi normal



Kondisi mesin hidup saat idling/ stasioner/ langsam dengan kondisi AC Dinonaktifkan terlihat jarum Rpm pada Takometer stabil bertengger di angka 700 Rpm dan tidak ada instrument cluster yang menyala (Engine Check, Oli, Aki, Temperatur Air) pertanda mesin dan instrumen pendukungnya dalam kondisi normal


Video mengecek posisi idling dalam kondisi normal ataukah upnormal

  • KONDISI MESIN ATAS BAWAH
KONDISI MESIN BAGIAN ATAS :
Mesin Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Cek seluruh komponen mesin bagian atas yang telihat secara visual; tidak ada karet selang yang retak atau pecah, tidak ada rembesan oli pada Cylinder Head, tidak ada kabel listrik yang terkelupas, dan perhatikan tidak ada getaran mesin berlebih saat langsam/ stasioner. Dengarkan juga dengan seksama suara mesin saat langsam dan digeber apakah ada suara aneh seperti bunyi metal beradu atau bunyi-bunyian upnormal lainnya.

Motor Fan Radiator & AC Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
Cek Motor Fan Radiator & AC apakah putaran bilah kipasnya normal saat langsam AC dinyalakan atau dimatikan.
KONDISI MESIN BAGIAN BAWAH :
Mesin Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Dongkrak mobil menggunakan Hydraulic Jack ke posisi tertinggi untuk melihat bagian bawah mesin apakah ada rembesan atau kebocoran oli mesin, oli gearbox, maupun oli power steering, dan apakah ada kebocoran pada sirkulasi air radiator


Hasil Uji Emisi di Bengkel Nawilis di bilangan Radio Dalam menunjukkan kesehatan mesin dalam kondisi baik & layak jalan.

Hasil pengukuran ulang uji emisi Nissan Sunny GL Neo di Bengkel Umum Pancaran Motor Kebayoran Lama setelah 9 bulan pemakaian terlihat angka Lambda mendekati 1.0 pertanda kualitas pembakaran di dalam mesin masih dalam kondisi sehat


  • BODY EKSTERIOR 
EKSTERIOR DEPAN :
Eksterior Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Cek tulang atau struktur rangka bodi pada apron kap mesin untuk mengetahui apakah pernah tabrakan hebat atau tidak. Cek juga seluruh bagian panel bodi depan, samping, atas, & belakang mobil dengan mengetuk seluruh panel bodi untuk mengetahui bagian mana saja yang pernah mengalami senggolan dengan kendaran lain selama berdinas sebagai taksi GAMYA

EKSTERIOR BELAKANG :

Eksterior Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Cek kelurusan sambungan/ nat antar panel bodi bagian depan, samping, atas, & belakang mobil dengan mengetuk seluruh panel bodi untuk mengetahui bagian mana saja yang pernah mengalami senggolan dengan kendaran lain selama berdinas sebagai taksi GAMYA.

  • KERAPIHAN & KELENGKAPAN INTERIOR
INTERIOR DEPAN :
Interior Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Cek kelengkapan & fungsi dari fitur pada interior seperti: power steering, tuas lampu Sign, tuas lampu jauh/ high beam, tuas wiper, klakson, fungsi AC, pengatur arah AC, tombol lampu hazard, semua tombol power window,  central lock, electric mirror & retractable mirror semua berfungsi normal

INTERIOR BELAKANG :

Cek seluruh bagian dek lantai yang tertutupi karpet dasar apakah berkarat atau tidak untuk mengetahui apakah unit yang dipilih pernah mengalami kebanjiran hingga air masuk ke dalam kabin selama berdinas sebagai taksi GAMYA

  • KONDISI SUSPENSI / KAKI-KAKI 
KAKI-KAKI DEPAN
Suspensi Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Perhatikan kondisi suspensi depan kanan kiri harus dalam kondisi baik tidak ada kebocoran oli/ gemuk pada karet booth As.Roda (CV. Joint), tidak ada gejala oblak pada Tie Rod End, Long Tie Rod (Rack End), mapun pada Arm Ball Joint

Suspensi Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Perhatikan kondisi suspensi depan kanan kiri harus dalam kondisi baik tidak ada kebocoran oli/ gemuk pada karet booth As.Roda (CV. Joint), tidak ada gejala oblak pada Tie Rod End, Long Tie Rod (Rack End), mapun pada Arm Ball Joint
KAKI-KAKI BELAKANG :
Suspensi Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Suspensi belakang Nissan Sunny GL Neo masih menganut non-independen (multilink), perhatikan kondisi shock breaker, bushing arm, bearing roda belakang, dan kampas rem belakang untuk kenyamanan berkendara saat mobil pilihan sudah dibawa pulang

Produk Aftermarket buatan Jepang Bearing Roda Depan yang rentan memerlukan penggantian saat unit Nissan Sunny GL Neo sudah berpndah tangan ke pemilik baru


Suspensi Nissan Sunny GL Neo Facelift 2007
Cek kondisi knalpot apakah terdapat bagian yang terindikasi keropos baik pada pipa maupun tabung Muffler. Lalu perhatikan juga apakah knalpot masih mengeluarkan uap air saat mesin baru distater untuk meyakinkan tidak ada kebocoran di sepanjang saluran sistem pembuangan sisa pembakaran
  • FINAL TEST DRIVE
Jika sudah mengecek seluruh item diatas, jangan lupakan untuk Test Drive untuk meyakinkan bahwa general inspection sudah dirasa meyakinkan diri dalam menentukan pilihan unit terbaik yang ingin dibawa pulang sebagai mobil idaman. Jika saat Final Test Drive dirasa masih ada yang perlu diperbaiki atau perlu penyesuaian lagi maka hal tersebut berguna untuk menjaga kepuasan anda sebelum memboyong pulang mobil idaman.

BACA JUGA: 

    OPTIONAL ITEM:

    Head Unit CD MP3 USB Pioneer Single Din
     Fasilitas In Car Entertainment tidak termasuk di dalam harga jual Nissan GL NEO Ex.Taksi GAMYA. Siapkan dana tambahan sekitar Rp 1.800.000 untuk menebus  Head Head Unit CD MP3 USB Single Din Pioneer Entry Level + 4 pcs Speaker Pioneer untuk menemani anda sepanjang perjalanan

    Aksesoris Wooden Panel Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
     Plug And Play Wooden Panel Original Nissan Sunny GL Neo yang bisa dibeli di Pool GAMYA seharga Rp 1.150.000 yang tersemat di beberapa bagian panel instrumen interior

    Aksen Wooden Panel semakin memperkuat aura kemewahan berkelas Nissan Sunny GL Neo 2007 

    Aksesoris Wooden Panel Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
    Tekstur Wooden Panel menyerupai mobil kekinian layaknya Toyota All New Camry 2.5

    Aksesoris Wooden Panel Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
    Cukup meluangkan waktu 15 menit saja untuk proses pemasangan seluruh Wooden Panel di beberapa panel instrumen interior Nissan Sunny GL Neo 2007

    DIMANA MENDAPATKANNYA ?


           Nissan Sunny GL NEO ex.taksi GAMYA bisa diperoleh dengan mendatangi pool taksi GAMYA yang tersebar di 7 lokasi berbeda di berbagai sudut ibukota. Informasi lokasi pool taksi GAMYA dapat dilihat DISINI.

    SEKILAS PANDANG


        Selain armada Nissan Sunny GL NEO Ex. Taksi GAMYA yang beredar di ibukota, ternyata BLUE BIRD Group juga pernah mengoperasikan Nissan Cedric pada jajaran armada taksi eksekutif Silver Bird. Ada juga armada model terbaru Nissan Almera yang baru digunakan oleh taksi reguler Gamya & Blue Bird sejak penghujung 2014 sebagai peremajaan unit lama dan juga untuk memenuhi kebutuhan kuota taksi di ibukota.

         Generasi awal Nissan Sunny GL NEO (Pre-Facelift) dimulai pada tahun 2004-2006 dengan ciri interior berwarna beige/ krem dengan aksen wood panel di bbrp bagian interior dgn balutan Velg Alluminium Alloy Lingkar 15 inch berdesain elegan. Di era 2007 Nissan Sunny GL Neo mendapat sentuhan minor facelift dgn perubahan warna interior menjadi hitam polos tanpa aksen wood panel berikut Head Lamp & Stop Lamp model Altezza dengan velg kaleng lingkar 15 inch yang dilapis Wheel Dop.


    Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Siluet eksterior Nissan Sunny GL Neo yang beraura Sporty Elegan dirasa belum usang di era 2016 ini


    Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Grill Chrome bertumpuk pada Nissan Sunny GL Neo Pre-Facelift (2004-2006) menyiratkan pada saudara kandungnya Nissan Teana 230JM generasi 2005


    Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Sektor buritan juga menyiratkan pada saudara kandungnya Nissan Teana 230JM generasi 2005


    Interior Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Kemewahan Interior Nissan Sunny GL Neo (Pre-Facelift) berbalut Wood Panel produksi 2004-2006


    Interior Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Di luar negeri Nissan Sunny GL Neo (Nissan Sentra, Nissan Sunny Neo) tersedia dalam transmisi otomatis 4-speed



    Potongan Interior Nissan Sunny GL Neo A/T versi Non-Taksi yang beredar di luar negeri berbalut material jok kulit asli berwarna cerah


    Interior Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Kemewahan material fabric interior Nissan Sunny GL Neo Pre-Facelift (2004-2006) layaknya sedan non-taksi


    Interior Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Interior Jok Penumpang Belakang dilengkapi Armrest berikut 2 Cup Holder beraksen Wood Panel


    Doortrim Nissan Sunny GL Neo 2005 - 2006 Ex.Taksi Gamya
    Aksen Wood Panel pada Door Trim berwarna cerah memperkuat aura kemewahan interior Nissan Sunny GL Neo pre-facelift (2004-2006)


     Spesifikasi teknis Nissan Sunny GL Neo di Malaysia yang berlabel Nissan Sentra ditawarkan dalam 2 alternatif pilihan mesin & transmisi pada tipe 1.6L (1.600cc) dan hanya transmisi otomatis saja di tipe termewahnya  1.8L (1.800cc) 

     Sebagai medium sedan produk global, Nissan Sunny GL Neo mendapat Bintang 5 (NCAP) sebagai predikat standar keselamatan tertinggi bagi pengemudi & seluruh penumpangnya

    Fakta Aktual Nissan Sunny GL NEO Ex.GAMYA:
    1. Populasi Nissan Sunny GL Neo Ex.Taksi GAMYA terdata kurang dari 1.000 unit. 
    2. Konsumsi Rata-Rata BBM Dalam Kota Kondisi Macet Parah AC ON TERUS = 1:10* (*hasil bisa berbeda tergantung gaya mengemudi & kondisi traffic).
    3. Konsumsi Rata-Rata BBM Dalam Kota Kombinasi Toll AC ON TERUS = 1:14* (*hasil bisa berbeda tergantung gaya mengemudi & kondisi traffic).
    4. Pajak Tahunan = Rp 1.800.000,- (Plat Hitam B DKI kondisi pajak sudah diperpanjang).
    5. Mesin berkode QG16DE sudah mengaplikasi Timing Chain (rantai keteng) yang Low NoiseMaintenance Free, Reliable & High Durability.
    6. Spesifikasi Detail Engine QG16DE yang dilansir Wikipedia sbb:
    • Displacement - 1.6 liters (1597 cc)
    • Valves - 16, 4 for each cylinder
    • Power - 118 hp (88 kW) @ 6000 rpm
    • Torque - 122 lb·ft (165 N·m) @ 4000 rpm
    • Transmission Availability: 5-speed Manual or 4-speed Automatic Transmission
    Engine QG16DE Nissan Sunny GL Neo Ex.Taksi GAMYA
    Potongan Engine QG16DE Nissan Sunny GL Neo Ex.Taksi GAMYA

    Metode Pengukuran Konsumsi BBM Nissan Sunny GL NEO

         Penasaran ingin mengetahui seberapa irit konsumsi BBM trek luar kota yang mampu diraih oleh Nissan Sunny GL Neo berstatus Ex. Taksi GAMYA maka penulis pun mencoba melakukan pengukuran secara akurat dengan metode "Full To Full" yang lazim diaplikasi oleh para jurnalis media otomotif ternama. Hal ini bertujuan untuk membuktikan seberapa irit teknologi MPI pada mesin QG16DE berkapasitas 1.600cc 4-cylinder inline milik Nissan Sunny GL Neo 2007 Ex. GAMYA selama Exploring Wonderful Indonesia ke berbagai destinasi obyek wisata yang sedang ngehits belakangan ini. Berikut hasilnya:



    1. Dalam Kota Kombinasi Toll 


    Konsumsi BBM Kombinasi Toll Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
     Tripmeter GL Neo Dalam Kota, Kombinasi Toll, & Luar Kota PP tercatat menempuh 501.8 Km
    Total Konsumsi BBM sebanyak Rp 217.722 setara 33.24 liter Premium 
    Konsumsi BBM Nissan Sunny GL Neo pada metode pengetesan kali ini sanggup meraih 1:15.09dirasa masih tergolong irit

    2. Short Trip Jakarta --> Lembang, Bandung 

    Konsumsi BBM Luar Kota Rata-Rata Nissan Sunny GL Neo Ex.Gamya
     Tripmeter GL Neo Jakarta - Lembang PP tercatat menempuh 337.2 Km
    Total Konsumsi BBM sebanyak Rp 160.606 setara 24.52 liter Premium 
    Konsumsi BBM Luar Kota Rata-Rata Nissan Sunny GL Neo meraih 1:13.75*
    * Kondisi Traffic tergolong padat merayap di libur Weekend
    * Pengukuran Konsumsi BBM menggunakan metode Full To Full sehingga hasil akhir lebih akurat

    3. Medium Trip Jakarta --> Cirebon, Jawa Barat

     Prestasi Konsumsi BBM GL Neo Jakarta - Cirebon PP mode cruising konstan 3.000 Rpm tembus 1:15.4 km/l

    Berani Uji Nyali !!! Top Speed Nissan Sunny GL Neo 2007 Ex.Gamya di Toll Cipali menuju Cirebon


    Harga Part Original "SLOW MOVING" Nissan Sunny GL NEO:
    1. Ball Joint Lower Arm Set Ori = Rp 1.600.000*/ pcs
    2. Long Tie Rod (Rack End) = Rp 500.000*/ pcs
    3. Seal Power Steering (Atas + Bawah) Ori = Rp 950.000*
    4. Support Shock Breaker = Rp 800.000*/ pcs
    5. Motor Fan Radiator (KW X-Trail) = Rp 500.000/ pcs
    *Harga part Slow Moving diatas bukanlah patokan baku namun hanya sekedar referensi saja yang dihimpun dari beberapa toko onderdil Nissan rekanan GAMYA di Pasar Palmerah & ITC Duta Mas Fatmawati per May 2016. Tentu harga part Nissan Sunny GL Neo di tiap daerah tidaklah sama penentuan harga jualnya, dimohon agar para pembaca setia dapat memahami secara bijak.

    • Desain Eksterior & Interior Sporty Elegance belum usang termakan zaman
    • Fitur kenyamanan & keamanan berkendara tersedia berlimpah
    • Interior Kabin Belakang sangat nyaman dengan bantingan empuk khas sedan Nissan
    • Volume bagasi tergolong luas di kelasnya
    • Fun To Drive, mesin 1.600cc sangat responsif berakselerasi di putaran bawah & atas.
    Apa saja Kelemahan Nissan Sunny GL NEO:
    • Populasi Terbatas sekitar 900 unit yang hanya digunakan sebagai armada taksi GAMYA saja.
    • Mesin 1.6L (1.600cc) Multi Point Injection (MPI) sedikit lebih boros dibanding mesin Toyota Vios Limo yang berkapasitas lebih kecil hanya 1.500cc berteknologi katup variabel (VVT-I).
    • Masih menganut Power Steering Hidraulis yang memerlukan perhatian lebih pada Seal Power Steering rentan rembesan oli yang mulai getas seiring bertambahnya umur dan tingginya rutinitas pemakaian. 
    • Suspensi atau kaki-kaki perlu mendapat perhatian lebih.
    • Mesin 1.600cc Nissan Sunny GL Neo tidak memiliki part subtitusi dengan sesama merek Nissan model lain.
    • Slow Moving Part suspensi/ kaki-kaki Original Nissan tergolong mahal & terbatas di pasaran.
    • Slow Moving Body Part juga tergolong mahal & agak langka di pasaran.
    • Resale Value atau Nilai Jual Kembali di pasar mobil bekas tidak sebagus Toyota Vios Limo Ex. Taksi yang populasinya jauh lebih banyak.
    WHAT WE CAN SAY ?


          Sejauh mata memandang Nissan Sunny GL NEO ex.taksi GAMYA ini sangat menggoda untuk dimiliki bagi keluarga muda yang menginginkan kepraktisan & investasi mobil perdana yang terjangkau. Walaupun karakteristik Nissan Sunny GL Neo tidaklah sama dengan Toyota Vios Limo Ex.Taksi semua pilihan kembali lagi pada kebutuhan mendasar para pembaca. Jika anda memiliki "Jati Diri" tidak menyukai mobil yang terlalu pasaran, barangkali Nissan Sunny GL Neo Ex.Taksi GAMYA dapat menjawab selera akan kebutuhan mobil ex.taksi yang berkualitas baik untuk dipinang.


    Ketangguhan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Ketangguhan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Ketangguhan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Ketangguhan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Ketangguhan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Kehandalan Nissan Sunny GL Neo Ex.GAMYA


    Anda Tertarik ???

    **Ps: Jika pembaca suka dengan artikel diatas jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Ya: ^_^ 

    Comments

    bambang said…
    kalo spion nya gmn om ?
    Unknown said…
    Saya lebih tertarik ke nissan sunny b 11 /b13. Thanks atas ulasan nya mengenai nissan sunny.