Proton Cuci Gudang Banting Harga Mobil Baru Stock Lama

Gebrakan Awal 2017 Proton di Indonesia: Promo Cuci Gudang Mobil Baru Stok Lama 






 Deretan lini produk mobil Proton yang masih tersisa stok cukup banyak kini dijual murah dibawah harga normal

    Mungkin pembaca setia agak bingung dengan judul artikel diatas yang menyiratkan dimanakah korelasi era kebangkitan dengan promo cuci gudang? Bukankah lazimnya promo cuci gudang stok lama identik dengan nafas terakhir hidup sebuah perusahaan di ambang kebangkrutan? Justru kabar mengejutkan berembus di penghujung 2016 yang baru saja berlalu ini datang dari PT. Proton Edar Indonesia (PEI) selaku ATPM Proton di Indonesia berniat menghabiskan seluruh sisa stock lama deretan lini produk mobil mereka yang pernah dipasarkan di Indonesia hingga puncaknya sempat "Mati Suri" beberapa saat. Strategi cuci gudang mobil baru stok lama dengan tujuan kebangkitan Proton untuk menghadirkan kembali jajaran produk yang totally fresh sesuai selera & kebutuhan pasar masa kini sekaligus menepis anggapan banyak kalangan yang berspekulasi bahwa Proton di Indonesia telah "tiarap" untuk selamanya. Jika melihat jauh kebelakang sejarah Proton di Indonesia sejatinya hadir di tengah² pasar yang diposisikan sebagai produk mobil nasional asal negeri jiran Malaysia dengan citarasa global. 


 Pemandangan ribuan mobil nasional Timor yang menumpuk di stockyard Dawuan- Cikampek di tahun 1998 saat badai krisi moneter menerpa Indonesia

     Proton sendiri mulai berkiprah sejak medio 2008 silam yang menggebrak pasar otomotif tanah air dengan berbagai kategori produk yang kompetitif di segmen pasarnya. Memang harus diakui lika-liku bisnis tidak selalu berjalan mulus selalu ada saja kendala ataupun hambatan yang mungkin ditemui di dalam perjalanannya yang telah dilalui selama 9 tahun di Indonesia. Sejak 2013 silam bisnis Proton di Indonesia mulai mengalami Slow Down akibat terpaan krisis global hingga puncaknya di 2014 semakin terseok-seok bertahan di tengah situasi pasar yang sedang tidak berpihak pada Proton. Bahkan banyak desas-desus yang beredar di masyarakat awam bahwa kebijakan ATPM Proton di Indonesia melakukan PHK terhadap mayoritas tenaga kerjanya sebagai indikasi langkah mundur secara perlahan dari laga otomotif nasional. Seperti yang kita ketahui sepanjang 2015 hingga akhir 2016 terdapat beberapa pabrikan otomotif dunia; Chevrolet, Ford, dan Mazda yang melakukan "downsizing" akibat iklim ekonomi makro di Indonesia yang sedang kurang kondusif. 


     Di awal 2017 ini sepertinya ATPM Proton di Indonesia memiliki semangat juang baru ingin segera bangkit dari keterpurukan yang sempat menghampiri 4 tahun belakangan ini. Rencana strategis ATPM Proton dengan melakukan cuci gudang seluruh model lawas berstatus New Old Stock (NOS) yang banyak menumpuk di stockyard sebagai langkah awal menyambut berbagai model baru yang akan diluncurkan di Indonesia. Potongan harga yang diberikan pun tergolong fantastis hingga mencapai Rp 80jt* (*model tertentu) dari harga normal mobil baru Proton mengingat unit telah tersimpan cukup lama di gudang dari keluaran tahun 2012, 2013, 2014, hingga 2015 yang belum laku terjual. Akankah langkah ini cukup ampuh untuk mendongkrak popularitas & populasi Proton di Indonesia?

Harga Cuci Gudang Mobil Baru Stok Lama Proton:


Saga FLX 1.3 :
M/T 2012 : Rp 140.000.000 ---> Rp 85.000.000
M/T 2013 : Rp 140.000.000 ---> Rp 85.000.000

Persona Elegance 1.6
M/T 2012: Rp 168.000.000 ---> Rp 95.000.000
A/T  2012: Rp 178.000.000 ---> Rp 105.000.000

M/T 2013 : Rp 160.000.000 ---> Rp 115.000.000
A/T 2013 :  Rp 170.000.000 ---> Rp 125.000.000

Preeve:
Premium A/T 2013 : Rp 285.000.000 --> Rp 180.000.000

Suprima S:
A/T 2013 : Rp 275.000.000 --> Rp 180.000.000

Neo CPS R3:
M/T 2013 : Rp 220.000.000 ---> Rp 150.000.000
A/T 2013 : Rp 230.000.000 ---> Rp 160.000.000 

M/T 2014: Rp 220.000.000 ---> Rp 170.000.000
A/T 2014 : Rp 230.000.000 ---> Rp 180.000.000

Exora:
Star FLX M/T 2014 Rp 178.000.000 ---> Rp 145.000.000
Star FLX A/T 2014  : Rp 180.000.000 ---> Rp 155.000.000

Star FLX M/T 2015: Rp 188.000.000 ---> Rp 155.000.000
Star FLX A/T 2015  : Rp 198.000.000 ---> Rp 165.000.000

Bold   A/T  2013 : Rp 248.000.000 ---> Rp 170.000.000
Prime A/T 2013 : Rp 260.000.000 ---> Rp 180.000.000


PLUS MINUS Mobil Baru Stok Lama (NOS):

  • Jika anda tertarik membelinya, Multi Finance Company atawa Leasing Adira Finance sanggup memberikan pembiayaan dengan DP min 35% karena Proton masih dianggap produk mobil kurang populer & kurang likuid dibanding brand Jepang yang lebih dahulu populer.
  • Membeli mobil baru berstatus stok lama sangat menggugah selera karena harga yang ditawarkan sangatlah menggoda untuk dimiliki, tetapi amat disayangkan pihak ATPM Proton hanya memberikan 3 Year Factory Warranty untuk varian mobil yang diproduksi tahun 2015 saja, sedangkan untuk pembeli mobil VIN tahun 2012, 2013, & 2014 harus puas sistem jual putus tanpa jaminan garansi sama sekali. Namun begitu pihak ATPM tetap menyediakan layanan aftersales service & part di seluruh dealer Proton untuk seluruh varian & tahun pembuatan produk mobil New Old Stock mereka yang telah terjual ke pemilik baru.
  • Jika kebangkitan Proton di 2017 ini yang menghadirkan banyak model baru yang bisa diterima pasar cukup baik, maka otomatis resale value atau nilai jual kembali dari populasi mobil baru stok lama yang telah beredar pun akan memiliki harga secondary yang stabil di pasar mobil bekas.


     Oleh sebab itu sebagai calon pembeli pun, anda tetap harus cermat dalam menganalisis kebutuhan aktual saat ini sebelum mengambil keputusan membelinya. Jika kebutuhan transportasi harian anda saat ini hanya sekedar pergi pulang bekerja dengan jarak tempuh tidak terlalu jauh tentu bukanlah persoalan membeli mobil baru tanpa garansi pabrik. Lain halnya jika mobil digunakan sebagai armada taksi online tentu harus siap dengan berbagai resiko yang mungkin muncul di kemudian hari. Tetapi jika anda tipe manusia yang siap mental dengan segala resiko yang ada, pilihan mobil baru Proton berstatus stok lama dengan harga menarik untuk armada taksi online bisa mempercepat pengembalian modal atau Break Even Point (BEP). Berikut ini penulis uraikan 2 varian mobil baru sedan Proton berstatus stock lama yang sekiranya memenuhi persyaratan minimal sebagai armada taksi online: 

Rekomendasi Armada Taksi Online:

  • Proton SAGA FLX 1.3 
Tampak depan Proton Saga FLX 1.3 seharga Rp 85jt OTR terlahir sebagai Low Sedan Proton

Desain minimalis modern ciri khas Proton Saga FLX 1.3 

Desain interior Proton Saga FLX 1.3 sudah mulai terlihat usang di era 2017 ini

Jok Belakang Proton Saga 1.3 FLX dengan Leg Room terbatas ciri khas Low Sedan

  • Proton Persona Elegance 1.6

Desain sporty Proton Persona Elegance 1.6 seharga Rp 95jt OTR terlihat belum usang di era 2017 masa kini

Sektor buritan Proton Persona Elegance yang Sporty Elegan dengan tambahan Duck Tail & Aksen Krom memanjang pada bagasi berpadu serasi dengan LED Stop Lamp

Desain interior Proton Persona Elegance 1.6 yang Sporty Minimalis Modern dengan setir palang 3

CD Player OEM merek BLAUPUNKT standard bawaan pabrik memiliki Port USB terpisah dari Head Unit

Calon Pendatang Model Baru 2017:

  • Proton Iriz 1.3

Produk terbaru Proton Iriz 1.3 yang akan meluncur di Indonesia pada semester awal 2017

Produk Unggulan Mobil Proton di Malaysia:

  • Proton Ertiga
Produk Rebadge terbaru Proton Ertiga di penghujung 2016 khusus untuk pasar domestik Malaysia


  • Proton New Saga Persona
Model terbaru Proton New Saga Persona 1.3 yang totally fresh dari generasi sebelumnya

Interior produk terbaru Proton New Saga Persona yang terlihat lebih segar
  • Proton Suprima S 
Proton Suprima S di kelas Medium Compact Hatchback si penantang Toyota Yaris

Proton Suprima S versi Hatchback yang mengambil basis dari Proton Preeve (sedan)
  • Proton Perdana

Proton Perdana sebagai produk rebadge terbaru mengambil basis Honda All New Accord

Terdapat 2 varian mesin 2.0L & 2.4L yang diusung oleh Proton Perdana di kelas Full Size sedan ini

FAKTA AKTUAL:


    Cukup miris melihat nasib mobil Proton di Indonesia, terlepas dari berbagai aspek subyektifitas masyarakat awam sebetulnya Proton bukanlah produk mobil abal-abal asal jadi yang hanya berorientasi harga murah. Walaupun di negara asalnya Proton juga terus berbenah meningkatkan kompetensinya di industri otomotif yang mana kualitas mobil Proton pun dapat dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek krusial berikut ini:

  • Design
Desain mobil Proton pada umumnya merujuk ke Minimalis Modern atau Sporty Elegance mengingat target pasarnya adalah kalangan kelas menengah yang lebih berorientasi pada aspek fungsionalitas namun tetap terlihat berkelas dipandang. Memang garis-garis & lekukan desainer Proton tidak kontras terlihat mewah seperti mobil Jepang pada umunya, namun desain mobil Proton saat ini dianggap masih bisa mengimbangi perkembangan zaman.
  • Technology & Performace
Pabrikan Proton telah cukup lama alih teknologi melalui kerjasama dengan pabrikan mobil Lotus yang dikenal pencipta mobil sport eksotis. Nyaris seluruh lini produk mobil Proton bermesin IAFM CAMPRO yang terkenal memiliki performa mumpuni namun tergolong efisien. Teknologi mesin IAFM CAMPRO milik Proton sejatinya adalah mesin full injeksi mirip dengan karakteristik mesin VVT-i pada Toyota.
  • Ride Quality
Teknologi Proton yang berkiblat pada Lotus otomatis menjadikannya memiliki suspensi yang sedikit keras di kelasnya dengan maksud untuk mengimbangi kestabilan berkendara saat dipacu dalam kecepatan tinggi. Bisa dibilang settingan ini kental dengan karakteristik teknologi Lotus agar bisa memberikan impresi yang berbeda saat berkendara.
  • Built Quality
Desain interior di mayoritas produk Proton memang terlihat biasa-biasa saja, namun penggunaan material "agak murah" menjadikan Finishing Touch ornamen interior berbahan plastik seperti: dashboard, door trim menjadi terkesan ringkih & terlihat kurang berkualitas terlebih jika digunakan dalam kurun waktu jangka panjang. Mungkinkah ini bagian dari strategi Proton untuk menekan biaya produksinya?
  • Realibility & Durability
Berdasarkan terstimoni mayoritas pengguna beranggapan mobil Proton memiliki tingkat Kehandalan & Daya Tahan slow moving part yang cukup baik di kelasnya. Bahkan dalam sejarahnya beberapa perusahaan taksi pernah menggunakan model mobil Proton, sebut saja: Saga Gen.1, Wira, Waja 1.6, Gen2 Persona, dan Saga FL sebagai armada taksi mereka. Yang tidak kalah penting layanan After Sales Service di Bengkel Resmi Proton pun masih tergolong cukup terjangkau di kantong masyarakat awam. Jika pihak ATPM Proton terus menambah jumlah Dealer berstandar 3S (Sales, Service, & Spareparts) yang tersebar merata di seluruh kota besar Indonesia pastinya akan semakin menambah kenyamanan penggunanya.

Pemerataan Dealer 3S Proton khususnya di kota-kota besar

Akhir Kata Sudah Layakkah Proton Disejajarkan Dengan Produk Mobil Jepang ???




**Ps: Jika pembaca suka dengan artikel diatas jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Ya: ^_^ 

Comments