Jalan Panjang Sedan Bermesin Diesel di Indonesia

Mengenal Varian Sedan Bermesin Diesel Yang Pernah Hadir di Indonesia


     Teknologi mesin diesel yang pertama kali diperkenalkan oleh Rudolf Diesel ini ternyata membawa dampak perubahan besar khsususnya di Industri Otomotif Tanah Air. Jauh sebelum kemunculan teknogi mesin diesel sebetulnya teknologi motor bakar pada mesin bensin telah lebih dahulu digandrungi oleh mayoritas kalangan sebagai tren baru dimulainya era Revolusi Industri termasuk di dalamnya aplikasi pada kendaraan bermotor roda empat. 


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Toyota Crown Comfort- varian mobil mewah yang tersedia pilihan mesin diesel

Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Di jajaran keluarga Nissan juga memproduksi Nissan Cedric sebagai sedan mewah bermesin diesel



    Pun begitu dengan teknologi mesin diesel pada kendaraan bermotor yang memulai debutnya di Indonesia pada awal tahun 1960-an ditandai dengan tenggelamnya pamor truk buatan Amerika bermesin bensin digantikan dengan truk bermesin diesel yang jauh lebih efisien namun ketika itu keduanya masih belum ramah  lingkungan seperti era saat ini. Seiring perjalanan panjang teknologi mesin diesel mengukir sejarah di industri otomotif tanah air yang tidak melulu didominasi oleh segmen kendaraan komersial namun juga pernah "naik kelas" dengan hadirnya segmen kendaraan sedan "diesel" yang diposisikan untuk kalangan menengah. Walaupun sepanjang beberapa dekade lalu sedan bermesin diesel ini belum bisa menandingi pamor kendaraan bermesin bensin yang juga semakin efisien nyatanya kehadirannya masih selalu dinanti oleh sebagian kecil kalangan penggemar otomotif tanah air.


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Ruang mesin Nissan Cedric Y31 yang mengusung mesin diesel 6-silinder 3.200cc

     Berikut ini penulis akan menguraikan varian sedan bermesin diesel apa saja yang pernah dipasarkan di Indonesia namun sering tidak disadari kehadirannya di tengah-tengah kita sebagai masyarakat awam pengguna kendaraan bermotor:


Era 1980-an:

- Holden Isuzu Gemini "Diesel" 1987



Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Wajah Isuzu Gemini Diesel Ex.Taksi yang masih prima kondisinya walaupun sudah berumur

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sosok Isuzu Gemini Diesel yang masuk ke Indonesia juga menyediakan varian mesin yang dilengkapi Turbocharger dan Transmisi Otomatis

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sosok Isuzu Gemini Diesel Ex.Taksi yang sudah berubah menjadi kendaraan pribadi

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Interior Holden Isuzu Gemini Diesel yang beredar di Indonesia

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Holden Isuzu Gemini Diesel yang pernah dijadikan armada taksi President Taksi hingga era 90-an

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sosok Isuzu Gemini Diesel di Jepang sebagai kendaraan non-komersial

- Opel Rekord "Diesel" 1981



Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sosok Opel Rekord Diesel yang masih terjaga originalitasnya

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
 Bodi panjang khas Station Wagon menjadikan Opel Rekord Diesel memiliki keunikan tersendiri di masa keemasannya

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
 Ruang bagasi Opel Rekord Diesel yang sangat luas karena mobil ini berjenis station wagon

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
 Mesin Diesel berkapasitas 2.000cc yang diemban Opel Rekord dirasa cukup bertenaga kala itu


Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
 Opel Rekord Diesel yang telah mengalami sedikit sentuhan modifikasi bergaya modern

- Mercedes Benz W123 "Tiger" 240D "Diesel" 1983


Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sekilas tidak ada bedanya dengan varian bermesin bensin, namun inilah sosok Mercy Tiger 240D yang sangat terbatas populasinya di Indonesia

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Tampak belakang Mercy Tiger 240D bermesin diesel ini tak ubahnya varian bermesin bensin yang jauh lebih banyak populasinya

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Sosok mesin diesel berteknologi modern yang diaplikasi pada Mercy Tiger W240D

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Selain versi sedan bermesin diesel, pabrikan Mercedes Benz juga memproduksi varian Station Wagon bermesin diesel berkode 300TD yang populasinya sangat langka di Indonesia

Era 1990-an:

- Nissan Cedric "Diesel" 1992



Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia



Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Armada pertama taksi eksekutif Silver Bird menggunakan Nissan Cedric keluaran th 1992 Ex.KTT Non Blok yang kini dipajang di Museum Transportasi TMII sebagai saksi sejarah

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Nissan Cedric Y31 juga dijadikan sebagai Armada Taksi Reguler di luar negeri 

Era Awal 2000:


- Toyota Crown Comfort "Diesel" 2004



Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Toyota Crown Comfort yang terakhir kali masuk Indonesia pada tahun 2004 mengakhiri debutnya sebagai armada taksi eksekutif Silver Bird di ibu kota

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Tampak Belakang "sederhana" Toyota Crown Comfort Ex.Taksi Silver Bird

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Interior Depan sederhana nan minimalis Toyota Crown Comfort Ex. Taksi Eksekutif Silver Bird 


Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Interior Belakang Toyota Crown Comfort Ex.Taksi Eksekutif Silver Bird terdapat "gundukan" di lantainya pertanda menggunakan penggerak roda belakang

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Wujud mesin diesel 4-silinder segaris Toyota Crown Comfort

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Toyota Crown Comfort juga tersedia untuk pasar Amerika

Toyota Crown Comfort untuk pasar Amerika

Toyota Crown Comfort juga dijadikan armada taksi reguluer di Hongkong

Varian Sedan Bermesin Diesel di Indonesia
Toyota Crown Comfort di Jepang menyediakan 2 pilihan trim kemewahan

Era 2011:

- BMW 520d "Diesel" 2011


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Varian Sedan Bermesin Diesel Pertama BMW yang hadir untuk pasar otomotif Indonesia

Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Interior BMW 520d bermesin diesel ini tak ubahnya varian bermesin bensin yang juga dilengkapi tuas transmisi i-Drive

Era 2016:

- BMW 320d Sport "Diesel" 2016

Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia

- BMW 520d Luxury "Diesel" 2016

Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia


- Mercedes Benz E250 CDI "Diesel" 2016


Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Setelah cukup lama "vakum" akhirnya pabrikan Mercedes Benz juga merilis varian bermesin diesel untuk menyangi rival terberatnya BMW 520d yang lebih dahulu hadir di Indonesia

Varian Sedan Mewah Bermesin Diesel di Indonesia
Mesin diesel berteknologi modern yang diusung nyaris halus dan minim getaran menyerupai varian bermesin bensin

Kelebihan Sedan Bermesin Diesel Masa Kini:

  • Teknologi Commonrail dipadu Turbo Intercooler pada mesin diesel modern saat ini mampu menghasilkan performa nyaris setara mesin bensin teknologi terkini.
  • Getaran & Noise yang dihasilkan mesin diesel berteknologi Commonrail saat ini semakin halus & minim getaran sehingga tingkat kenyamanan pengemudi maupun penumpang hampir menyamai mobil bermesin bensin.
Kelemahan Sedan Bermesin Diesel Masa Kini:

  • Sejak dahulu kala mobil berteknologi mesin diesel selalu memiliki banderol harga jual yang lebih tinggi dari mobil sejenis bermesin bensin. 
  • Teknologi mesin diesel Commonrail saat ini membutuhkan bahan bakar solar berkualitas tinggi sehingga jangan heran untuk di Indonesia sendiri harga jual retail Solar Dex di SPBU Pertamina masih lebih tinggi dibanding Pertamax Plus untuk mesin berbahan bakar bensin. Walaupun ada varian bahan bakar solar baru bernama Dex Lite yang lebih terjangkau namun nilai oktan (RON) yang dimiliki belum direkomendasikan oleh ATPM mobil sedan bermesin diesel.
  • Walaupun konsumsi BBM lebih efisien dari mobil bermesin bensin, faktanya biaya perawatan rutin yang harus dikeluarkan lebih tinggi dari mobil sejenis bermesin bensin (Contoh: Jika mobil bensin mengkonsumsi oli mesin sebanyak 4 liter maka mobil bermesin diesel membutuhkan asupan oli lebih banyak hingga 6 liter dengan rincian harga per liternya jauh lebih mahal daripada oli mesin mobil berbahan bakar bensin. Selain mengganti filter oli dengan yang baru saat melakukan penggantian oli mesin masih harus ditambah lagi mengganti filter solar yang harganya pun juga tidak murah sehingga berujung semakin tingginya biaya pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan untuk operasional kendaraan)
  • Harga jual kembali/ Resale Value sedan bermesin diesel masa kini yang jeblok karena minimnya peminat sekaligus populasi yang terbatas di pasaran. Persepsi masyarakat Indonesia masih menganggap sedan bermesin diesel kurang prestise dibanding sedan bermesin bensin yang lebih umum.
FAKTA UNIK SEDAN BERMESIN DIESEL:

  • Sejak 30 tahun silam, sedan bermesin diesel sangat digandrungi masyarakat di belahan benua Eropa karena dianggap jauh lebih efisien dan tingkat kesadaran yang lebih baik akan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Pabrikan mobil Eropa yang memproduksi sedan bermesin diesel juga membuat versi mesin bensin pada seluruh jajaran lini produknya.
  • Di era 2000-an ternyata negara India yang sedang berkembang pesat industri otomotifnya juga sedang gandrung menggunakan mobil termasuk sedan bermesin diesel. Tercatat pabrikan Jepang sedang berlomba-lomba memperbanyak varian model mobil kompak bermesin diesel untuk konsumsi masyarakat India.
  • Blue Bird Group yang telah sejak lama menjadi Market Leader di industri transportasi taksi konvensional ini belum menyatakan ketertarikannya untuk mengganti armadanya taksi regulernya dengan sedan bermesin diesel karena ATPM dinilai belum siap menyuplai sedan diesel untuk Fleet Market dan perhitungan biaya pemeliharaan yang dianggap tidak efisien untuk operasional taksi sehari-hari.

Comments

cici said…
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny