Impian Jelajah Wilayah Indonesia Timur via Jalur Darat

Imajinasi Tanpa Batas Berpetualangan Tak Lazim Diluar Kebiasaan Umum

     
     Pernahkah mendengar sebuah Daily Quote bahwa kehidupan sesungguhnya itu tidak dibatasi oleh ruang dan waktu? Sebetulnya Quote ini mendefinisikan tentang arti sebuah kehidupan yaitu jangan pernah takut bermimpi. Bicara soal definisi impian di masa depan tentu masih berupa hal Abstrak disaat kita mulai merangkai sebuah alur ceritanya saat ini tetapi yang menarik pada postingan kali ini akan dibahas bukan sekedar berorientasi pada hasil akhirnya saja tetapi lebih ke arah sebuah proses merangkai setiap bingkai hingga menjadi suatu alur cerita yang seolah-olah telah menjadi kenyataan. Sebuah anugerah dari Sang Pencipta yang mana sesuatu yang Abstrak di alam bawah pikiran manusia memiliki keunikan tersendiri tergantung pada kemampuan imajinasi yang dimiliki. Kebetulan sekarang ini gw lg berimajinasi seputar petualangan ke Indonesia bagian Timur tepatnya ke Nusa Tenggara Timur? 


Gugusan Kepulauan Nusa Tenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur yang berada di wilayah Indonesia Timur

Mengapa Nusa Tenggara Timur/ NTT ?


      Destinasi pilihan kali ini memilih berdasarkan beberapa aspek pertimbangan salah satunya yaitu Aspek Sarana & Prasarana Infrastruktur pendukung yang akan dilalui menuju Nusa Tenggara Timur. Trip Adventure kali ini akan menjelajah sejauh lebih dari 2.000 km melalui perjalanan darat dikombinasikan dengan perjalanan laut. Alasan lainnya yaitu atas dasar program pariwisata bertajuk Pesona Indonesia yang sedang digiatkan oleh pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia Timur menjadi salah satu destinasi wisata dunia. Jika potensi pariwisata Indonesia Timur sudah mendunia seperti Bali tentu kalian pasti bangga kan telah meninggalkan jejak kaki sebelumnya di surga tersembunyi Indonesia Timur... ^_^


Mengunjungi habitat hewan reptile langka yang hanya ada di Kepulauan Komodo- Nusa Tenggara Timur


Sekilas Pandang Nusa Tenggara Timur/ NTT

Keindahan Pelabuhan Labuan Bajo menghadap lautan lepas dilihat dari perbukitan 


Keindahan Biota Bawah Laut di Kepulauan Komodo Alor seakan memanggil untuk menyelam menghampirinya


 Keindahan Bukit Savana di Pulau Kanawa dilihat dari kejauhan


Pantai Pasir Putih berlatar belakang perbukitan savana di Pulau Kanawa - NTT


Suasana bibir pantai "Pink Beach" yang sedang populer belakangan ini

Obyek Wisata Danau Tiga Warna alias Danau Kelimutu ini wajib dikunjungi


Dari Ujung Barat Pulau Flores hingga Ujung Timur Pulau Flores banyak menyimpan potensi pariwisata yang belum maksimal dipromosikan


Alasan Memilih Jalur Darat ?


       Trip kali ini memang agak unik yang tentunya akan menghabiskan waktu hampir 1 minggu perjalanan untuk bisa sampai di surga yang tersembunyi akan keindahan panorama alamnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Lagi pula trip kali ini ingin mencoba merasakan sensasi Isuzu MU-X 1.9 TDCi bermesin 1.900cc Diesel Commonrail sebagai MPV 7-Seater berkapasitas mesin terkecil di kelasnya. Jika mental kalian "sanggup" menaklukan perjalanan darat selama berhari-hari tentu akan terbayar lunas dengan disuguhkan eksotisme panorama alam yang begitu luar biasa berikut ini:


Rencana Pembangunan Jalan Toll Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya semakin mempercepat waktu tempuh fun adventure menuju Nusa Tenggara Timur


Trek On Road sebagai jalur pemanasan sebelum turun berlaga di tantangan medan Light Off Road selanjutnya


Jalur pendakian ke pegunungan juga mudah dilalui oleh Isuzu MU-X bermesin Diesel Commonrail ini

Trek Light Off Road Semi Lumpur terasa Fun To Drive dilibas oleh Isuzu MU-X 

EKSOTISME JAWA BARAT






EKSOTISME JAWA TENGAH










EKSOTISME JAWA TIMUR








EKSOTISME BALI












EKSOTISME LOMBOK







EKSOTISME SUMBAWA - NTB





EKSOTISME FLORES - NTT





Menyeberangi Gugusan Pulau Nan Indah:



Masuk ke dalam lambung kapal ferry menuju pulau seberang


Negara Indonesia sebagai negara kepulauan memanfaatkan prasarana berupa kapal RORO (Roll On Roll Off) atau Kapal Fery ASDP sebagai penghubung arus transportasi, perdagangan, dan mobilisasi antar pulau

Tarif Penyeberangan antar pulau di beberapa pelabuhan penyeberangan yang dikelola oleh ASDP

1. Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ---> Gilimanuk Bali


Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang - Banyuwangi


Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Gilimanuk - Bali Barat


2. Pelabuhan PADANG BAI Bali ---> Pelabuhan LEMBAR Lombok Barat 


Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Padang Bai - Bali


Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Lembar di Lombok Barat sebagai gerbang masuk ke pulau Lombok


3. Pelabuhan KAYANGAN Lombok Timur ---> Pelabuhan POTONANO NTB


Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Kayangan di Lombok Timur sebagai akses untuk menyeberang ke pulau Sumbawa Besar (NTB)

Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP Potonano di ujung barat Pulau Sumbawa Besar (NTB)


4. Pelabuhan SAPE NTB - Pelabuhan LABUAN BAJO Flores NTT



Dermaga Pelabuhan Penyeberangan ASDP SAPE yang terletak di ujung timur pulau Sumbawa Besar - NTB sebagai akses masuk ke pulau Flores - NTT




Dermaga Pelabuhan Labuan Bajo yang terletak di ujung barat pulau Flores NTT ini sebagai gerbang masuk menuju Kepulauan Komodo dan Taman Nasional Komodo


Kapal Phinisi yang berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo akan mengantarkan para turis explorasi ke Kepulauan Komodo dan sekitarnya


Mengapa Isuzu MU-X 1.9TDCi ?


      Sekitar 5 tahun yang lalu, penulis memiliki pengalaman menjelajah bumi Sumatera menggunakan produk Double Cabin Isuzu bertipe Isuzu D-Max. Pengalaman berkesan berpetualang dengan Double Cabin Isuzu D-Max ternyata memiliki sebuah keasyikan tersendiri mencicipi medan On Road berpadu Light Off Road di pedalaman Sumatera. Walaupun Isuzu D-Max 3.0 TD yang bermesin 3.000cc konfigurasi 6-Cylinder yang digunakan kala itu berpenggerak 4 Wheel Drive namun Fitur Indash 4WD yang tersedia pun jarang digunakan karena penulis merasakan ban belum kehilangan traksi.


Isuzu D-Max 3.0 Tdi Double Cabin th 2010 ini meninggalkan kesan mendalam beradventure ria dinas ke pedalaman Sumetera kala itu


Penempatan Mode Push Button 4x4 pada Panel Dashboard (diatas headunit) Isuzu D-Max lawas ini sudah selangkah lebih unggul dibanding pesaingnya Toyota Hilux dan Mitsubishi L200 Strada Triton kala itu yang masih menggunakan tuas atau Gear Shift terpisah.


Mode Push Button 4x4 pada Panel Dashboard Isuzu D-Max lawas telah berpindah menjadi Knob Putar pada Interior New Isuzu D-Max 2016 di sebelah tuas rem tangan sehingga lebih menonjol aura kemewahannya


Serupa tapi tak sama. Antara Isuzu D-Max dan Isuzu MU-X memiliki basis platform yang sama




Tampak Depan Isuzu MU-X varian 1.9 Ddi Blue Power


Tampak Belakang Isuzu MU-X varian 1.9 Ddi Blue Power


Interior Isuzu MU-X yang beredar saat ini sama persis dengan saudara kembarnya Isuzu D-Max


Speedometer "kekinian" Isuzu MU-X yang telah mengaplikasi Panel MID yang berkesan futuristik


Fitur AC Digital sudah menjadi standard feature pada Isuzu MU-X


      Berangkat dari pengalaman masa lalu, impresi mesin Diesel Commanrail racikan Isuzu sangat Fun To Drive untuk berpetualang ke pelosok daerah terpencil. Alasan lain mengapa unit yang digunakan harus Isuzu MU-X bermesin Diesel 1.900cc 4-Cylinder 2WD yaitu:

  • Dibandingkan dengan saudara kandungnya MU-X bermesin 2.500cc, tentu diatas kertas MU-X bermesin lebih kecil 1.900cc pastilah lebih irit penggunaan bahan bakarnya walaupun harus dikompensasi dengan Horse Power yang lebih kecil pula. Hal ini dikarenakan medan On Road di Nusa Tenggara Barat (NTB) hingga Nusa Tenggara Timur (NTT) masih minim menemukan SPBU Pertamina yang menjual Solar Dex sesuai kebutuhan asupan Isuzu MU-X bermesin Turbo Diesel Commonrail ini.
  • Walaupun keduanya memiliki konfigurasi bermesin diesel 4-silinder namun torsi yang dihasilkan oleh Isuzu MU-X bermesin 2.500cc dengan 1.900cc tidak terpaut jauh.
  • Walaupun unit yg digunakan bermesin kecil hanya 1.900cc 2WD saja minus penggerak 4 roda dirasa masih mampu melewati medan Light Off Road yang tidak terlalu begitu extreme di sepanjang NTB hingga NTT.
  • Harga jual MU-X bermesin 1.900cc pastilah jauh lebih murah ketimbang MU-X bermesin 2.500cc tentu kondisi ini menjadikan nilai tambah biaya kepemilikan yang lebih terjangkau di kantong khalayak luas.

     Walaupun saat ini PT. Astra Isuzu Motor baru sebatas memasarkan Isuzu MU-X bermesin 2.500cc 4-cylinder saja dan belum berniat memasarkan versi "murah" bermesin 1.900cc tentu karena beragam faktor diantaranya:

  • Kebutuhan pasar
  • Kondisi pasar secara keseluruhan termasuk Analisis Strategi Penetapan Harga Jual ke pasar
  • Kondisi persaingan dengan competitor di kategori yang sama.
  • Kondisi ekonomi makro negeri tercinta
  • Menunggu momentum yang tepat 

Mesin Isuzu MU-X Diesel 4-cylinder 1.900cc Ddi Blue Power yang dipasarkan di Thailand ini memiliki Output nyaris sama dengan versi 2.500cc yang hadir lebih dahulu

Fakta Aktual:

  • Di Malaysia sebagai negara tetangga Indonesia, Isuzu sudah memasarkan Isuzu MU-X bermesin 1.900cc. Kebayakan produk-produk terbaru pabrikan mobil Jepang terlebih dahulu diluncurkan di negara tetangga, barulah setelah itu biasanya giliran pasar lokal Indonesia.
  • Isuzu MU-X 1.900cc yang dipasarkan di Thailand adalah produk di bawah lisensi Isuzu Japan yang sudah dirakit di pabrik perakitan Samrong Plant- Thailand. Akankah jika sudah meuncur di Indonesia, Isuzu MU-X versi murah 1.900cc memungkinkan dirakit di pabrik perakitan milik Gaya Motor Sunter layaknya Isuzu Panther?
Mesin Isuzu MU-X Diesel 2.500cc yang dipasarkan di Indonesia saat ini



    Andai saja PT. Astra Isuzu Motor berniat memasukkan Isuzu MU-X 1.900cc untuk pasar tanah air dengan banderol dibawah Rp 350jt tentu menjadi pilihan menarik bagi kalangan menengah masyarakat Indonesia dengan menciptakan Niche Market yang belum dijamah oleh para competitor pabrikan Jepang lainnya.



Comments

cici said…
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny