Alternatif Passive Income Selain Uber & Grab

Model Bisnis Economy Sharing Terbaru: Alternatif Penghasilan Tambahan Selain Uber & Grab


      Di era digital dunia modern saat ini, kehadiran Uber & Grab sebagai pemain baru di dunia transportasi online berbasis aplikasi membawa banyak perubahan dalam hal sudut pandang kebutuhan mobilitas, cara mengkonsumsi, dan juga efisiensi ekonomi biaya tinggi yang ditimbulkan akibat dari sistem transportasi yang belum terintegrasi dengan sempurna khususnya di ibukota tercinta ini. Dampaknya tentu banyak masyarakat awam yang berbondong-bondong memanfaatkan moment ini dengan memberdayakan kendaraan pribadinya menjadi mitra taksi online berbasis aplikasi yang sangat lumrah dioperasikan oleh kalangan pribadi perorangan.

Kemitraan Taksi Online berbasis aplikasi sedang digandrungi oleh kalangan perorangan masyarakat awam non-badan usaha yang berusaha mengais rezeki tambahan setiap bulannya


      Dalam perjalanannya seiring tingginya permintaan akan kebutuhan transportasi online tentu tidak selalu berjalan mulus bagi yang ingin mencicipi legitnya kue di bisnis ini. Tanpa disadari kadangkala calon mitra baru sering dihadapkan dengan berbagai kendala teknis maupun non-teknis, misalnya saja:
  • Kapasitas mesin mobil kurang dari 1.300cc yang dipersyaratkan minimum oleh pemerintah dalam hal ini yang bertindak selaku regulator & pengawas persaingan usaha.
  • Umur atau usia kendaraan telah diatas 5 tahun yang tidak memenuhi persyaratan minimum yang ditetapkan oleh pengembang Aplikasi Transportasi Online.


Tren baru hasil analisa dari kebutuhan terselubung yang sangat potensial untuk dikembangkan


     Yang namanya pelaku usaha selalu saja bisa menemukan peluang tersembunyi dibalik berbagai kendala maupun kebutuhan terselubung yang tidak disadari secara langsung oleh masyarakat awam. Dengan masih mengandalkan kendaraan pribadi milik calon mitra baik yang lolos kualifikasi maupun yang tidak lolos aspek teknis maupun non-teknis sebagai prasyarat peruntukan armada taksi online, para Apps Developer ini melihat adanya potensi kebutuhan terselubung media luar ruangan yang lebih efektif dan efisien dari yang telah ada sebelumnya. Walaupun originalitas ide ini pertama kali diaplikasi di negeri Amerika melalui Wrapify, pada akhirnya konsep bisnis ini meluncur juga di tanah air melalui tangan dingin para young entepreneur yang kreatif & inovatif.

Media luar ruangan 2 Dimensi konvensional pada eksterior bodi bus pemandu moda

Media luar ruang digital 3 Dimensi yang lazim diaplikasi pada interior taksi eksekutif


POLA BARU MEDIA LUAR RUANG:



      Adalah Wrapify start up asal Amerika yang mempelopori konsep baru media promosi luar ruang yang lebih efektif & efisien bagi para pengiklan dibanding media luar ruang konvensional. Jadi konsep Wrapify akan menawarkan para pemilik mobil pribadi yang bersedia bodi mobilnya ditempel stiker produk sponsor yang bekerjasama dengan Wrapify Pemilik mobil bebas memilih produk sponsor sesuai keinginan yang akan ditempel pada bodi mobil sekaligus pemasangan cutting stiker produk sponsor juga dilakukan oleh pihak Wrapify.

Konsep outside the box Digital Car Advertising menggabungkan media luar ruang konvensional dengan dukungan teknologi informasi nirkabel


     Bayaran yang diberikan kepada pemilik mobil dihitung berdasarkan jumlah kilometer yang telah ditempuh si pemilik mobil yang terpantau melalui Mobile Apps dari Smartphone milik mitra Wrapify yang telah terikat kontrak kerjasama selama periode tertentu. Mobile Apps Wrapify juga akan mengirimkan notifikasi jika ada event musiman yang bisa menambah pundi-pundi pemilik mobil jika bersedia menghampiri crowd di suatu daerah.

Kendaraan milik pribadi (Mitra) yang telah dilapis ulang seluruh sisi bagian bodi dengan materi promosi produk sponsor (Advertiser)

Kendaraan milik mitra yang telah dilapis ulang sebagian sisi bagian bodi (Partial) dengan materi promosi produk sponsor (Advertiser)

Pandangan mata pengendara lain tertuju pada sebuah mobil "No Like Other" sangat efektif sebagai media penyampaian pesan ke target pasar yang dituju oleh Advertiser

Terhubung dengan Aplikasi pada Smartphone sebagai monitoring revenue sekaligus notifikasi tambahan revenue dari Special Job yang ditawarkan kepada mitra pengemudi dengan cara melalui ataupun menghampiri spot crowd yang telah ditentukan


TINGKAT EFEKTIFITAS ?
  • Media Luar Ruangan Konvensional
       Sebagai media promosi konvensional yang telah berumur, tidak banyak perkembangan teknologi di dalamnya. Jika berpuluh-puluh tahun media luar ruang bersifat statis 2 Dimensi baru beberapa tahun belakangan ini telah mengadopsi teknologi digital 3 Dimensi sehingga materi promosi yang ditampilkan terlihat lebih hidup & dinamis. Suatu lokasi yang memiliki Crowd pastilah juga dihiasi dengan pemandangan reklame 2D atau 3D yang saling berdesakan ingin mencuri spot berjuta mata memandang kearahnya, terkadang papan reklame yang saling bertumpuk inilah yang mempengaruhi tingkat efektivitas penyampaian pesan ke target audiens yang dituju.


Media luar ruang 2 dimensi konvensional berebut spot di sebuah lokasi strategis 


Media Luar Ruang Digital 3 Dimensi konvensional yang terlihat lebih atraktif
  • Cost Media Luar Ruangan
   Telah disinggung diatas banyak pihak yang menilai tingkat efektivitas media luar ruang konvensional tidak berbanding lurus dengan Cost yang digelontorkan, oleh sebab itu banyak para pengiklan yang lebih selektif mensiasati spot iklan tertentu yang dianggap lebih tepat sasaran tanpa harus banyak investasi yang terbuang sia-sia. Dari pantauan penulis besaran investasi berpromosi pada reklame 1 muka konvensional untuk kontrak 1 tahun dibanderol hingga Rp 250jt untuk 1 spot berlokasi strategis. 


Berbagai resiko yang mungkin terjadi pada media luar ruang konvensional


      Alternatif lain promosi media luar ruangan yang lebih terjangkau dapat menggunakan spot pada bodi bus kota, kereta api, atau interior kabin pesawat komersial.

Contoh Media Luar Ruang konvensional pada eksterior bodi kereta api commuter line


Contoh Media Luar Ruang konvensional pada interior kereta api commuter line


 Contoh Media Luar Ruang konvensional pada interior pesawat terbang komersial


Contoh Media Luar Ruang konvensional pada eksterior full bodi bus kota reguler


Contoh media Luar Ruang konvensional pada eksterior 1 sisi belakang saja bodi bus pemandu moda


Contoh media Luar Ruang konvensional pada eksterior 1 sisi belakang saja bagasi taksi reguler


TERTARIK MENCOBA ??


    Di Indonesia kini juga telah muncul start up karya anak bangsa yang juga bergerak di bidang serupa. Terlebih lagi jumlah penduduk & pertumbuhan kelas menengah di Indonesia yang semakin konsumtif menjadi potensi ladang bisnis yang sangat menguntungkan di ceruk pasar media digital luar ruangan yang belum banyak digarap.
  • UBIKLAN
        Model bisnis Ubiklan tidak jauh berbeda dengan Wrapify masih mengandalkan smartphone untuk tracking lokasi & jarak tempuh sudah sejauh mana si pemilik mobil berkendara. 

Pemain lokal pendatang baru di industri Digital Car Advertising
  • PROMOGO
         Jika Ubiklan hanya mengandalkan GPS yang terhubung dengan aplikasi pada mitra si pemilik mobil, lain halnya Promogo menambahkan Monitor tambahan layaknya argometer pada taksi konvensional untuk mengukur jarak tempuh yang telah dilalui disandingkan dengan berapa besar jumlah impressions iklan yang berhasil diraih kesemuanya itu juga dapat dipantau oleh Advertiser yang bekerjasama dengan Promogo. Dari 2 parameter pengukuran tadi jumlah kilometer yang telah ditempuh akan dikalikan dengan jumlah impressions yang berhasil diraih langsung ditampilkan nominal besaran Revenue secara Real Time setiap harinya pada Monitor di dashboard mobil mitra pengemudi.


Konsep unik yang diusung Promogo sebagai pendatang baru di industri Digital Car Advertising

Berbagai manfaat yang diperoleh dari konsep Digital Car Advertising yang diusung oleh Promogo


BERAPA BAYARANNYA ?
  • UBIKLAN
          Pihak Ubiklan sendiri telah menetapkan Revenue yang diperoleh mitra pengemudi berdasarkan volume iklan yang menghiasi setiap sisi bagian mobil yang diinginkan & berdasarkan persetujuan mitra ybs. Jika iklan yang ingin ditampilkan oleh mitra hanya pada sisi kaca belakang saja maka otomatis bayaran yang diterima pun berbeda dengan pemasangan iklan parsial di bodi samping saja atau Full Body di seluruh sisi bagian mobil (depan, samping, & belakang). Selain itu ketentuan lainnya mitra pengemudi diwajibkan berkendara secara normal minimal sejauh 1.000 km saban bulannya agar bisa mencapai target Revenue minimum yang telah disepakati diawal kerjasama. Terkadang pihak Ubiklan melalui Aplikasi yang terhubung ke Smartphone mitra juga sering menawarkan Job Tambahan agar mitra pengemudi mau mengunjungi spot crowd yang telah ditentukan oleh pihak Advertiser melalui Ubiklan yang tak lain bertujuan untuk menggenjot impressions sekaligus tambahan Revenue bagi para mitranya.


Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 350.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan hanya pada sisi depan kap mesin saja

Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 500.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan hanya pada sisi kaca belakang saja

Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 850.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan hanya pada sisi depan kap mesin dan kaca belakang saja

Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 1.000.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan hanya pada kedua sisi samping bodi mobil dan sisi depan kap mesin

Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 1.150.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan hanya pada kedua sisi samping bodi mobil dan sisi kaca belakang mobil

Bayaran untuk mitra UBIKLAN sebesar Rp 1.500.000 setiap bulannya yang memasang cutting sticker spot iklan pada seluruh sisi bagian depan, samping, dan belakang mobil

  • PROMOGO
          Metode perhitungan Revenue mitra pengemudi Promogo telah disinggung diatas berdasarkan jarak terjauh yang berhasil ditempuh sekaligus besaran Impressions yang tercipta selama kurun waktu sebulan penuh dengan mekanisme pembayaran secara periodik setiap bulannya. Jadi semakin tinggi durasi mobilitas anda berkendara dengan menggunakan mobil pribadi maka tingkat Passive Income pundi-pundi yang akan masuk ke kantong anda pun akan berbanding lurus.


Mekanisme dasar perhitungan tingkat revenue yang bisa diperoleh oleh mitra pengemudi

Beragam format pemasangan materi iklan sesuai kebutuhan & keinginan mitra pengemudi sekaligus menentukan standard revenue yang akan diterima mitra pengemudi setiap bulannya

Materi iklan yang dapat diganti sewaktu-waktu sesuai dengan pilihan materi promosi yang ingin dijalankan

Estimasi pendapatan maksimal yang bisa dibawa pulang para mitra pengemudi Promogo berkendara rutin setiap harinya selama 1 bulan penuh jika bersedia melapisi seluruh bagian bodi mobil dengan materi iklan Advertiser


PLUS MINUS


     Bak mata uang selalu memiliki 2 sisi yang berbeda maka setiap konsep marketing campaign terbaru sekalipun tak terlepas dari segala keunggulan maupun kekurangan yang menyertainya. Alangkah bijaksananya jangan terlalu diburu nafsu dengan banyaknya iming-iming Cash yang terlihat begitu menggiurkan bisa diperoleh dengan cara mudah melainkan kenalilah terlebih dahulu karakteristik konsep baru economy sharing di industri digital outdoor advertising yang  baru disesaki oleh segelintir para start up company:
  • Mitra pengemudi bebas memilih pilihan Advertiser Company dan materi iklan yang akan ditempelkan pada bodi mobil mitra.
  • Pihak Ubiklan & Promogo menjamin segala bentuk kewajiban yang ditimbulkan berupa Pajak Reklame yang besarannya telah diatur menurut ketentuan hukum yang berlaku sepenuhnya ditanggung oleh pihak Advertiser. Jadi revenue yang diterima mitra pengemudi dibebaskan dari potongan pajak reklame.
  • Baik Ubiklan maupun Promogo melihat kemacetan jalan ibukota yang semakin parah dipenuhi puluhan ribu kendaraan bermotor setiap harinya ini merupakan spot terbaik sarana mobile marketing campaign yang mampu menghasilkan impressions tinggi selain Papan Reklame atau Billboard konvensional berbiaya tinggi.
  • Jalan protokol dengan tingkat kemacetan tinggi dinilai menghasilkan impressions yang lebih baik dibanding dengan kondisi jalan dengan lalu lintas lengang. Jadi anda jangan heran jika semakin sering anda terjebak kemacetan berjam-jam maka semakin tinggi revenue yang anda peroleh dari parameter impressions.
  • Selain paramater tingkat kemacetan, melewati sebuah lokasi spot keramaian ataupun berada di area sebuah event sarat pengunjung yang sedang berlangsung juga dapat dengan mudah menaikkan jumlah impressions yang berdampak pada perolehan revenue mitra pengemudi.
  • Jika mobil mitra pengemudi yang telah ditempeli materi iklan di bodi maupun kaca belakang mengalami kerusakan ringan (terserempet, penyok) ataupun kejadian tak terduga seperti tabrakan dan aksi vandalisme maka pihak Ubiklan maupun Promogo akan langsung melakukan penggantian dengan cutting sticker yang baru.
  • Berkaca dari pengalaman Role Model Ride Sharing, seperti Uber & Grab yang dalam sekejap memunculkan banyak pemain baru dengan layanan serupa bak cendawan di musim hujan pada akhirnya perlahan tapi pasti tersingkir dari laga persaingan yang begitu ketat. Hal ini semata-mata bertujuan agar anda sebagai pengambil keputusan akhir dapat memprediksi eksistensi Apps Developer yang dipilih bisa menunjukkan pertumbuhan & perkembangan bisnisnya di masa yang akan datang.
    Sebagai mitra pemilik mobil sekaligus juga berperan sebagai pengemudi juga harus jeli & teliti dalam hal memilih siapa provider (Ubiklan & Promogo) yang dirasa paling tepat dalam memahami kebutuhan aktual anda. Hal ini tidak lain bertujuan agar visi & misi awal yang ingin dicapai untuk mendulang Passive Income pun dapat terwujud sesuai harapan. 

Alternatif lain pesaing Ubiklan & Promogo di kategori layanan serupa


**Ps: Jika pembaca suka dengan artikel diatas jangan Lupa Baca Yang Ini Juga Ya: ^_^ 

Comments

artikelnya bagus dan informatif, mengapa tidak membeli domain, agar lebih terlihat profesional

salam sukses selalu