Fenomena Toyota All New Limo Gress Resmi Dijual Untuk Kalangan Pribadi

Pilih Mana Toyota All New Limo Ex. Taksi Konvensional Atau Ex. Taksi Online?


Harga Jual Resmi Toyota All New Limo 2016 Berplat Hitam
Salah satu wiraniaga dealer Toyota membenarkan harga resmi Toyota All New Limo Berplat Hitam Gress 2016 Rp 233,4 jt berani memberikan diskon maksimal hingga Rp 68,4jt menjadi Rp 165.000.000 OTR (per Oktober 2016)

      Tren transportasi online yang sedang berkembang pesat bak cendawan di musim hujan belakangan ini membawa cukup banyak angin segar bagi pabrikan mobil di tanah air di tengah lesunya penjualan mobil akibat kondisi makro ekonomi yang sedang melemah. Berbagai pabrikan besar berlomba-lomba menawarkan produk-produk mobil Middle Low terbarunya agar bisa diserap oleh masyarakat luas yang sedang diburu waktu mendaftarkan diri & kendaraan barunya sebagai armada taksi online di saat persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas terkait dirasa belum terlalu memberatkan para mitra taksi online untuk merasakan gurihnya omzet dari bisnis ride sharing ini.




     Kemunculan duo Low MPV berformat LCGC hasil kolaborasi 2 pabrikan besar yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada awal Agustus 2016 silam ini bertepatan dengan momentum event pameran otomotif terakbar GIASS 2016 sangat sukses membukukan angka penjualan fantastis di tengah lesunya kondisi pasar otomotif nasional. Pabrikan mobil besar cukup lihai menganalisis peluang di tengah kesulitan yang menghadang dengan menelurkan varian di kategori baru Low MPV 7-Seater LCGC yang terlihat sangat Value for Money walaupun sebetulnya juga menjadi ancaman kanibalisme dari model-model LCGC maupun Non-LCGC yang telah meluncur sebelumnya.





     Dalam kamus berbisnis terkadang disaat keberhasilan mulai menghampiri tak lepas dari kendala atau hambatan yang juga datang menghadang. Kecerdikan para pabrikan besar dalam hal meramu strategi jualan bombastis yang mampu menarik perhatian calon pelanggan agar mau membeli produk terbaru yang menjanjikan keuntungan maksimal dari peluang bisnis transportasi online pun pupus sudah jika dalam perjalanannya terjadi perubahan regulasi dalam industri transportasi online yang dilakukan oleh Kemenhub sebagai pemegang otoritas tertinggi masalah perhubungan.

DAMPAK REGULASI PEMERINTAH

      Di awal bulan Oktober 2016 ini tanpa diduga pemerintah mengeluarkan kebijakan baru terkait industri transportasi online berbasis aplikasi melalui Pasal 18 Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 32  Tahun 2016  tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang berisi ketentuan bahwa per 1 Oktober 2016 seluruh armada transportasi online yang diperbolehkan beroperasi secara legal harus memiliki kubikasi mesin diatas 1.300cc. Di dalam peraturan baru ini melarang uji KIR bagi seluruh kategori mobil berformat LCGC yang mayoritas memiliki kubikasi mesin antara 1.000 - 1.200cc saja sudah jelas tidak mampu memenuhi standard minimum ketentuan yang diperbolehkan oleh pemerintah sebagai armada taksi online berpelat hitam. 


Toyota New Avanza atau New Xenia 1.3 hanya memiliki kapasitas isi silinder 1.298 cc ini masih belum memenuhi persyaratan & ketentuan minimum yang diperbolehkan untuk armada taksi online

     Hal ini juga berlaku bagi armada taksi online berkapasitas mesin 1.300cc yang telah melakukan uji KIR juga dilarang beroperasi. Tentu kebijakan baru ini pastinya membuat kaget & kecewa para calon pembeli Toyota Calya & Daihatsu Sigra yang telah rela melakukan indent (pre-order) jauh-jauh hari ke dealer rekanan yang rencananya akan diberdayakan sebagai armada baru berbisnis taksi online justru kenyataan yang terjadi malah di luar ekspektasi, padahal di benak calon pembeli keputusan memiliih Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jauh lebih Worth It dibanding Toyota New Avanza ataupun Daihatsu New Xenia bermesin 1.300cc. Bagi pembeli Toyota Calya & Daihatsu Sigra yang sudah terlanjur mengiyakan tawaran Uang Muka sangat ringan & telah disetujui aplikasi kreditnya atau bahkan yang sudah dikirim unit mobilnya tentu akan merasa terpukul keputusan investasi yang dipilih seakan mubazir karena aset bergerak yang dimiliki tidak dapat diberdayakan menhasilkan pundi-pundi sesuai rencana awal. 

Suzuki Ertiga menggendong mesin K14B berkapasitas silinder 1.373cc ini telah memenuhi ketentuan persyaratan minimum armada taksi online berbasis aplikasi

STRATEGI DAGANG TOYOTA

Toyota All New Limo 2013 Plat Kuning Taksi Blue Bird
Wujud Toyota All New Limo 2016 armada gress Taksi Blue Bird

Toyota All New Limo 2013 Plat Kuning Taksi Blue Bird
Wujud Toyota All New Limo 2016 armada gress Taksi Blue Bird

    Pihak pabrikan mobil sendiri pun tidak lantas kehilangan harapan begitu saja dengan digulirkannya kebijakan baru oleh pemerintah yang berpotensi menurunkan angka penjualan di segmen mobil murah. Rupanya pabrikan Toyota masih menyimpan "amunisi" cadangan agar volume penjualan segmen mobil murah sebagai tulang punggung tidak anjlok signifikan terkait berlakunya kebijakan baru pemerintah di industri transportasi online berbasis aplikasi. Dengan cekatan langkah awal pabrikan Toyota langsung merilis Toyota All New Limo yang dahulu hanya boleh dibeli dari kalangan fleet market untuk kendaraan komersial Taksi Konvensional berplat kuning kini sudah bisa dibeli oleh masyarakat umum di seluruh jaringan dealer Toyota di seantero Indonesia.

Toyota All New Limo 2016 gress versi plat hitam

Eksterior Toyota All New Limo Gress 2016 Plat Hitam
Tampak Belakang Toyota All New Limo 2016 gress versi plat hitam

Interior Toyota All New Limo Gress 2016 Plat Hitam
Interior Toyota All New Limo 2016 gress versi plat hitam

Interior Toyota All New Limo Gress 2016 Plat Hitam
Interior Toyota All New Limo 2016 gress versi plat hitam

Harga Jual Resmi Toyota All New Limo 2016 Berplat Hitam
Simulasi Kredit pada harga Resmi Toyota All New Limo 1.5 M/T Plat Hitam dibanderol Rp 233.400.000 OTR terpaut signifikan dengan Toyota All New Vios 1.5E M/T sebagai varian termurah yang dihargai Rp 272.400.000 OTR (update per 1 Oktober 2016)

     Toyota Limo di Indonesia terlahir dengan spesifikasi kosongan (versi downgrade Vios) alias super standar ini jika ditelusuri dari debutnya sebagai armada taksi konvensional sejak 2004 silam ini sejatinya juga pernah dijual untuk kalangan pribadi perorangan pada era 2006 kala itu berdasarkan pengamatan penulis hanya dibanderol sekitar Rp 130jt-an OTR dibanding versi Toyota Vios 1.5G mencapai banderol sekitar Rp 160jt lebih kondisi OTR. Selisih harga +/- Rp 30jt lebih murah dari Toyota Vios 1.5G saat itu ternyata tidak mampu menarik banyak minat kalangan pribadi perorangan untuk membeli sedan standard spek kosongan. Namun setelah Toyota Limo (Gen.1) dinyatakan discontinued dan tongkat estafet berpindah ke Toyota New Limo (Gen.2) pada tahun 2007, pabrikan Toyota sudah kembali lagi ke haluan hanya memperbolehkan Toyota New Limo dijual untuk fleet market khusus kalangan perusahaan taksi konvensional berplat kuning saja.


Toyota Limo Gen.1 2004-2006 Ex.Taksi Blue Bird


Toyota Limo 1.5 M/T Gen.1 Plat Hitam sempat dijual untuk pembeli perorangan seharga Rp 130jt-an OTR di tahun 2006 silam


Toyota Limo Gen.1 2004-2006 armada taksi blue bird
Toyota Limo Gen.1 yang digunakan sebagai armada taksi Blue Bird di periode th 2004-2006

FLASH BACK

       Kilas balik memori penulis pada era 2005 - 2006 silam di kala itu pabrikan mobil Hyundai menghidupkan kembali model sedan lawasnya yang pernah ngehits di awal 2000 yaitu Hyundai Accent hanya dijual Rp 77jt saja sudah OTR. Disisi lain produk sedan murah Hyundai Accent yang dihidupkan kembali tersebut juga bersanding dengan Hyundai Accent Verna yang telah hadir lebih dahulu di tahun 2002 mengisi posisi sebagai sedan versi mewah di keluarga Accent yang menjadi rival sejak era Toyota Soluna hingga era Toyota Vios (Gen.1). Tentu gebrakan Hyundai saat itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para perusahaan taksi konvensional untuk berpaling kembali ke Hyundai Accent yang telah teruji ketangguhannya namun dibanderol sangat terjangkau. Hal itulah yang memaksa pabrikan Toyota merilis Toyota Limo dijual untuk kalangan pribadi perorangan agar bisa menjadi lawan Head To Head "sedan murah" andalan Hyundai sebagai pabrikan mobil Korea yang menjadi rival berat pabrikan Jepang pada saat itu. 

Eksterior Hyundai Excel Ex.Taksi
Model lawas Hyundai Accent yang dihudupkan kembali menjadi Hyundai Excel khusus taksi yang masih di produksi hingga tahun 2006

Eksterior Hyundai Excel Ex.Taksi
Tampang belakang Hyundai Excel Ex.Taksi ini masuk kategori sedan compact

     Ketika 10 tahun berlalu, di 2016 fenomena itu kini terulang lagi namun dihadapkan dengan situasi & kondisi yang berbeda yang mana tujuannya tetap sama yaitu pabrikan mobil tidak ingin kehilangan peluang untuk tetap bisa jualan barang dagangannya kapanpun dan dimanapun. Ketika sedan murah spek kosongan sedang diadu mencuri perhatian khalayak luas akankah bisa tetap eksis ataukah akan MunTaBer alias Mundur Tanpa Berita lagi??


OUR CONCLUSION

    Bicara masa depan tentu akan sangat menarik untuk dibahas dari berbagai sudut pandang karena apa yang akan terjadi di kemudian hari bukanlah sesuatu yang mutlak tetapi sangat bergantung pada dinamika tren yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman.

NASIB ALL NEW LIMO Ex. Taksi BLUE BIRD

     Jika fakta di masa depan berbicara Toyota All New Limo sukses menuai penjualan signifikan sebagai kendaraan taksi online berpelat hitam tentu ia akan memiliki daya tarik tersendiri jika kelak 5 tahun kemudian si pemiliknya ingin meremajakan mobilnya, mengapa demikian? 
  • Jika regulasi taksi online berbasis aplikasi yang ada saat ini mewajibkan pemeliharaan & perawatan rutin seluruh armadanya di jaringan Bengkel Resmi ATPM maka armada peremajaan taksi online pun jadi memiliki Nilai Tambah tersendiri karena terdapat riwayat atau history perawatan yang diakui & dapat dipertanggungjawabkan realibility & durability kendaraan tsb sebelum berpindah tangan ke calon pemilik mobil bekas.
  • Jika Toyota All New Limo spek kosongan ramai digunakan sebagai armada taksi online berpelat hitam yang dimilki oleh perorangan pribadi kemungkinan besar sudah upgrade fitur tambahan, seperti: Alarm, Power Window, In Car Entertainment, Velg Racing, maupun aksesoris pemanis lainnya yang bisa menjadi daya tarik pemikat calon pembeli mobil bekas All New Limo ex.taksi online tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk belanja aksesori lagi.
SEPAK TERJANG BLUE BIRD

     Perusahaan taksi konvensional berpelat kuning yang memiliki armada Toyota All New Limo terbanyak seantero Indonesia adalah Taksi Blue Bird. Jika ternyata Toyota All Limo New spek kosongan menuai sukses di pasaran sebagai armada baru taksi online maka PT. Blue Bird harus segera menyiapkan formulasi strategi jitu agar unit peremajaan ex.taksi yang telah genap berumur 6 tahun tetap memiliki pesona & daya pikat tinggi di mata calon pembeli mobil bekas.


Peremajaan Toyota All New Limo 2013 Plat Kuning Taksi Blue Bird
Armada Toyota All New Limo Taksi Blue Bird yang digunakan sejak tahun 2013 akan mulai diremajakan pada tahun 2018 mendatang, anda berminat?

KEPUTUSAN PILIHAN KONSUMEN MOBIL BEKAS 

     Hingga pada akhirnya mekanisme pasarlah (The Invisible Hand) yang akan menentukan posisi harga pasar Toyota All New Limo unit peremajaan ex.taksi online akankah lebih tinggi daripada ex.taksi konvensional ataupun sebaliknya. Seperti kata pepatah orang bijak: Masa Depan Yang Sesungguhnya Diciptakan Oleh Diri Sendiri. Seperti apa masa depan yang terjadi sepenuhnya ditentukan pada keputusan diri kita sendiri saat ini juga.


Harga Jual Resmi Toyota All New Limo 2016 Berplat Hitam
Penampakan Toyota All New Limo 1.5 M/T yang sudah bisa dibeli oleh perorangan berstatus Ready Stock (baru tersedia warna putih saja) di stock yard Toyota Astra Motor


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT:
ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Comments

cici said…
Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
Yang Ada :
TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
Sekedar Nonton Bola ,
Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
Website Online 24Jam/Setiap Hariny