Pilih Mana: Ertiga Bensin Atau Diesel Hybrid?

Cermat Memilih Varian Ertiga Bermesin Bensin Atau Diesel Smart Hybrid Terbaru 


Perbedaan Mesin K14B 1.400cc New Ertiga Bensin & Mesin D13A 1.300cc Ertiga Diesel Smart Hybrid


Tampilan Eksterior New Ertiga Bensin & Diesel Smart Hybrid diprediksi nyaris sama


     Kabar mengenai peluncuran Suzuki New Ertiga Terbaru Bermesin Diesel di awal 2017 mendatang semakin santer saja terdengar gaungnya di penghujung 2016 yang tinggal menghitung hari ini. Sebenarnya peluncuran New Ertiga Diesel Smart Hybrid di awal 2017 merupakan bagian dari strategi besar PT. Indomobil selaku ATPM Suzuki di Indonesia yang ingin menggenjot penetrasi pasar otomotif nasional yang sedang lesu dengan beragam produk teranyar di beberapa kategori produk andalannya. Ya bisa dibilang sepanjang tahun 2017 ini, konsumen otomotif tanah air bakal disuguhkan banyak pilihan produk mobil Suzuki yang betul² Gress (Fresh From The Factory) & bukan sekedar minor facelift yang lazim dilakukan kebanyakan pabrikan mobil saat pasar sedang lesu. New Ertiga Diesel Hybrid yang akan meluncur dalam waktu dekat ini juga merupakan produk serupa yang telah dipasarkan terlebih dahulu oleh Maruti-Suzuki di India sehingga spesifikasinya pun diyakini tidak akan jauh berbeda ketika sudah resmi meluncur di tanah air.

Jajaran produk unggulan Suzuki Indomobil sepanjang tahun 2016


     Reputasi Suzuki di Indonesia yang berpengalaman selama lebih dari 30 tahun telah dikenal sebagai pabrikan mobil niaga komersial & mobil kompak bermesin bensin yang irit & fungsional. Era 2017 bisa dikatakan sebagai babak baru pertarungan Suzuki di Indonesia menghidupkan kembali pamor mobil diesel bermesin kompak yang seakan sedang "mati suri" akibat penurunan harga minyak dunia yang cukup ekstrim belakangan ini sedang berpihak pada mobil berjantung mesin bensin. Paham akan resiko bisnis, dan biaya R&D yang cukup tinggi serta positioning Suzuki sedari awal menyasar kalangan Menengah & New Entry maka dipilihlah Mesin Diesel Rebadge berkode D13A yang juga serupa digunakan pada produk Low MPV Sejuta Umat kompetitor yaitu Chevrolet Spin LTZ Diesel dengan maksud agar banderol Ertiga Diesel Smart Hybrid tidak terpaut jauh dengan Ertiga Bensin yang lebih dahulu populer. 


Mesin Diesel Commonrail berkode D13A juga dipakai di Chevrolet Spin Diesel 1.3 LTZ 


KILAS BALIK:



     Sedikit melawan lupa alias kilas balik sejarah otomotif nasional beberapa dekade silam juga pernah diramaikan dengan beberapa pabrikan mobil Jepang & Non-Jepang yang merilis varian mesin bensin & diesel pada model tertentu yang dipasarkan kala itu. Dalam perjalanannya dari 2 alternatif pilihan mesin berbeda yang ditawarkan, ada pabrikan yang menuai sukses pada mesin bensin dibanding opsi mesin diesel, namun kondisi sebaliknya juga dialami pabrikan lainnya. Berikut ini adalah daftar kategori mobil niaga dari berbagai pabrikan otomotif nasional yang pernah menawarkan 2 pilihan mesin: bensin & diesel dalam jajaran produknya.

  • Toyota Hi-Ace Bensin & Diesel era-1980 awal
  • Chevrolet Trooper Bensin & Diesel era-1990 awal
  • Toyota Kijang Kapsul Diesel era-1997
  • Mitsubishi Kuda Bensin & Diesel era akhir 1998
  • Toyota Kijang Innova Bensin & Diesel akhir 2004
    Bagi anda yang sedang kepincut ingin memiliki Suzuki Ertiga keluaran terbaru namun sedang dilanda kegalauan dalam menentukan pilihan antara New Ertiga bermesin bensin ataukah varian bermesin diesel smart hybrid, berikut ini sedikit ulasan keunggulan & kekurangan masing-masing antara Suzuki New Ertiga bermesin bensin dan diesel yang telah dirangkum penulis:

Kelebihan Ertiga Bermesin Bensin:

Speedometer New Ertiga GX A/T dengan Multi Information Display (MID) yang cukup informatif
  • Konsumsi BBM dari mesin bensin K14B telah teruji tergolong irit dikelasnya.
  • Mesin bensin K14B 1.400cc, 4-silinder segaris telah teruji & terbukti tangguh jarang bermasalah.
  • Resale Value atau Nilai Jual Kembali di pasar mobil bekas masih diminati banyak kalangan & pergerakan harga jual cukup kuat bertahan. 
  • Consumable Fast Moving & Slow Moving Genuine Parts (SGP) cukup terjangkau di kantong & sangat berlimpah mudah didapat.
Part SGP Suzuki New Ertiga sangat melimpah di pasaran

Persepsi Umum Ertiga Baru Bermesin Diesel:
  • Harga Jual. Penetapan harga jual sedikit lebih mahal dibanding varian bermesin bensin. 
  • Konsumsi BBM. Tingkat keiritan New Ertiga varian baru bermesin diesel diklaim jauh lebih irit dari mesin bensin. 
  • Kualitas BBM Solar. Asupan BBM berkualitas baik minimal Dex Lite dengan tingkat sulfur lebih rendah dari Bio Solar. 
  • Max Horse Power. Besaran angka tenaga kuda yang mampu diraih masih dibawah varian bermesin bensin. 
  • Max Torque. Besaran angka Torsi Maximum pada mesin diesel jauh lebih mudah diraih pada putaran mesin (Rpm) rendah, kondisi ini berbanding terbalik dengan karakter mesin bensin. 
  • Desibel (Db). Suara mesin sedikit lebih tinggi dari mesin bensin K14B.
  • Harga Retail Fast Moving & Slow Moving Part mesin diesel lebih mahal dari mesin bensin. 
  • Pajak tahunan mesin diesel lebih mahal dibanding mobil sejenis bermesin bensin.


Pajak Tahunan Suzuki New Ertiga Diesel Smart Hybrid lebih mahal dari New Ertiga Bensin


Analisa Prospek Masa Depan Ertiga Diesel ?



    Ada pepatah sederhana yang mengatakan "Masa Depan Cerah Bukanlah Kebetulan Tetapi Bisa Diciptakan", jika strategi jitu ATPM Suzuki di Indonesia memang tepat mengenai target sasaran "ceruk pasar" para penggemar Low MPV Sejuta Umat bermesin diesel maka hal ini akan berdampak positif pada dua hal paling krusial, yaitu: 

  • Populasi = Tingkat Resale Value. Besarnya jumlah peredaran Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid di seantero tanah air turut mempengaruhi kondisi Used Car Market atau Pasar Secondary Mobil Bekas yang otomatis tercipta melalui peran mekanisme pasar seperti yang terjadi pada Suzuki Ertiga Bensin sejak debut perdananya di 2012 silam hingga kini memiliki nilai jual kembali cukup stabil di pasar mobkas. 


Sosok Suzuki Ertiga GX keluaran awal 

  • Populasi = Availability Parts. Berkaitan dengan point No.1 diatas jika proporsi New Ertiga Diesel Smart Hybrid mampu mengimbangi populasi New Ertiga Bensin maka otomatis ketersediaan part Fast Moving maupun Slow Moving di pasar bebas pun juga akan berlimpah ruah mudah didapat dengan harga yang kompetitif dimanapun anda berada. Sebuah hal lazim terjadi, semakin banyak populasi suatu merek mobil maka layanan After Sales hingga 10 tahun mendatang pun masih mampu memenuhi ekspektasi pelanggan loyalnya. 
Dealer Resmi Suzuki berstandar 3S (Sales, Service, Spareparts)

Autobild Award untuk kategori survey kepuasan pelanggan Suzuki Ertiga

Comments